Perpustakaan Mu’allimaat Muh. Yk. Dapat “A”

Minggu, 15 Januari 2017
perpustakaan-mu’allimaat-muh-yk-dapat-“a”

        Perpustakaan Mu’allimaat Muh. Yk. Dapat “A”

       Dalam rangka pembinaan perpustakaan, di Indonesia, Perpustakaan Nasional menyelenggarakan akreditasi perpustakaan. Akreditasi ini menjadi salah satu pola pembinaan agar Perpustakaan Mu’allimaat Muh. Yk. memiliki standar nasional. Perpustakaan Mu’allimaat diakreditasi pada tanggal 27 Juli 2016. Penyelenggara akreditasi perpustakaan adalah BPAD Yogyakarta. Tim asesor perpustakaan yaitu Drs. Sudarto, M.Si., dan Nur Widyastuti, S.H..

        Proses penilaian dimulai dari kunjungan lokasi, presentasi Kepala Perpustakaan, dan pengecekan bukti fisik. Komponen yang dinilai dalam akreditasi perpustakaan yaitu komponen layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, sumber daya manusia, gedung/ruang, sarana dan prasarana, anggaran, manajemen perpustakaan, perawatan koleksi perpustakaan. Dengan akreditasi ini, perpustakaan Mu’allimaat mampu memenuhi kebutuhan para siswa dengan baik sehinga bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan. Keberadaan perpustakaan sangat penting karena Mu’allimaat Muh. Yk. juga menggalakkan budaya literasi pada para siswa.

        Penyerahan hasil akreditasi pada tanggal 4 November 20 Yogyakarta. Hasil akreditasi diserahkan oleh Kepala BPAD Yogyakarta, Budi Wibowo, S.H., M.M. Sertifikat akreditasi perpustakaan berlaku sejak 20 September 2016 s.d. 20 September 2019.