Baitul Arqam siswi Kelas I

Minggu, 28 Januari 2018
baitul-arqam-siswi-kelas-i-

            Baitul Arqam dilaksanakan siswi kelas I dilakukan dalam dua gelombang di ruang aula Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Seluruh siswi kelas I di bagi menjadi dua untuk mengikuti acara BA gelombang I dan II. Pembagian didasarkan pada kegiatan yang diikuti oleh siswi. Gelombang pertama dilakukan 17-18 Januri 2018 diikuti oleh 109 siswi dan gelombang kedua dilakukan tanggal 25-26 Januari 2018 diikuti 98 siswi.

            Hari pertama (kamis 17 dan 25 Januari 2018) pukul 13.00-22.00 WIB, acara dibuka dengan pidato oleh Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ustadzah Agustyani Ernawati S.Pd., kontrak belajar, perkenalan dengan fasilitator, pembagian siswi menjadi 20 kelompok, materi keislaman (oleh Ustad Samsul, alumni PUTM) , materi kemuhammdiyahan (oleh Ustad Fahmi, alumni Madrasah Mu’allimin Muhammdiyah Yogyakarta dan PUTM), kemuallimaatan (oleh Amalia Indah, alumni Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta), ke-IPM-an yaitu sosialisasi perekrutan kader IPM (oleh IPM). Setelah mengikuti rangkaian acara peserta kemudian dipersilahkan untuk beristirahat. Pukul 01.30 WIB peserta dibangunkan untuk mengikuti acara peneguhan kader yang diisi dengan perenungan dan review materi setiap peserta. Pukul 02.15 WIB peserta di buat perkelompok, acara kemudian dilanjutkan dengan motivasi dan peneguhan untuk bersekolah di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta selama 6 tahun oleh alumni dan penanaman jiwa kader. Keesokharinya jumat (18 dan 26 Januari 2018) pukul 03.00 WIB acara dilanjutkan dengan sholat tahajud berjamaah dan tadarus. Setelah itu seluruh peserta beranjak menuju masjid gede untuk melaksanakan sholat subuh disana. Pukul 06.00 WIB, setelah sarapan dan sholat dhuha siswi berkumpul di lapangan depan masjid gede untuk melakukan outbond yang dialkukan dengan permainan yang menguji kekompakan. Pukul 08.00 WIB siswi melanjutkan kegiatan dengan melakukan tour dakwah santri, yaitu kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan berdakwah ke masyarakat sekitar yang di temui oleh siswi, misalnya ke tukang becak atau ibu-ibu yang jualan. Di akhir acara siswi diminta mengisi angket rencana tindak lanjut sebagai evalusi kegiatan. Hasil evaluasi menyimpulkan perlunya tambahan jam bahasa di asrama dan perlunya pojok berbagi buku di asrama.

            Selama kegiatan siswi kelas I mengikuti dengan antusias mengikuti arahan panitia. Ketua acara Baitul Arqam Elfira Rahma Putri kelas IV B menyampaikan panitia yang berjumlah 42 orang dan 207 peserta menjadi lebih akrab setelah mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini semakin memotivasi dan menguatkan jiwa kader Muhammadiyah pada setiap peserta.