UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KUNJUNGI MUALLIMAAT

Minggu, 08 April 2018
universitas-darussalam-gontor-kunjungi-muallimaat

Kamis (5/4) bertempat di aula madrasah, sebanyak 165 mahasiswa dan 4 dosen pendamping dari Universitas Darussalam Gontor Ponorogo mengunjungi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka studi kependidikan.

 

Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ibu Agustyani Ernawati, S.Pd., menyambut langsung kedatangan rombongan dari UNIDA Gontor beserta jajaran Direksi dan Staff Urusan yang terkait. Direktur dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bahagianya bisa bertemu dengan mahasiswi UNIDA Gontor. “ Alhamdulillah setelah kami bersilaturrahim ke Gontor Putri Mantingan, sekarang kami mendapatkan kunjungan balasan dari Gontor “ tutur Direktur dalam sambutannya.

 

Lebih lanjut lagi, Direktur memaparkan bahwa ada keterkaitan batin antara Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan Pondok Pesantren Modern Gontor karena beberapa alumni Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah menjadi pengasuh di Ponpes Gontor dan sebaliknya, alumni Gontor banyak yang mengabdikan diri di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. “ sehingga kedepan insya Alloh kita tingkatkan lagi kerjasama yang sudah terjalin dengan baik ini “ lanjut Direktur.

 

Ustadz Safirudin Al Baqi, M.A., selaku dosen pendamping dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dari keluarga besar Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dalam acara studi kependidikan ini mahasiswi yang ikut serta adalah Mahasiswi Semester II Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Tujuan dilaksanakannya studi kependidikan ini untuk menambah wawasan tentang dunia Pendidikan dan dinamika Pendidikan kepada para mahasiswi.

 

Selanjutnya, Direktur menjelaskan tentang sejarah berdirinya Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah sekolah perempuan pertama di Indonesia yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan. Tahun 1918 KH. Ahmad Dahlan sudah mempunyai pemikiran yang melampaui zamannya pada waktu itu yakni berupaya menjadikan generasi bangsa menjadi generasi yang taat kepada Alloh SWT, berjuang dalam memerdekaan bangsa dari penjajahan dan sebagai generasi penerus kepemimpinan di masa yang akan datang.

 

Pada masa sekarang, madrasah mempunyai tujuan menjadikan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Pusat Keunggulan Perempuan Berkemajuan (The Center Of Progressive Woman Excellence) sebagai anak panah persyarikatan untuk mewujudkan peradaban yang berkemajuan. Dalam sesi tanya jawab banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan oleh para Mahasiswi diantaranya, bagaimana kurikulum yang dipakai, system pengawasan, metode pembelajaran dan lain.

 

Setelah diskusi yang cukup panjang, akhirnya acara silaturrahim ini berakhir, ada banyak kesan yang tercipta pada pertemuan kali ini, diantara dua Lembaga/instansi ini saling berbagi informasi untuk kemajuan pendidikan di negeri tercinta ini