Sukses Pelaksanaan UM dan USBN MTs

Senin, 16 April 2018
sukses-pelaksanaan-um-dan-usbn-mts

Ujian Madrasah (UM) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) diikuti 186 siswi kelas III/IX MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dari 9 -16 April 2018. Setiap hari ujian dilakukan dari pukul 07.30-12.00 WIB. Khusus untuk hari Senin (16/4) ujian dilakukan pukul 10.00-12.00 WIB. Untuk menampung siswi sebanyak itu disiapkan 10 ruang kelas. Ruang 1 sampai 9 di isi 20 siswi, ruang terakhir yaitu ruang 10 diisi 6 siswi. Setiap ruangan di awasi 2 orang pengawas. Pihak Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menugaskan 38 guru untuk menjadi pengawas selama ujian berlangsung.

 

            UM dan USBN kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya mata pelajaran keagamaan di UM-kan, sedangkan mata pelajaran yang di USBN-kan hanya IPS dan PPKn. Tahun ini semua mata pelajaran agama di UM-kan dan mata pelajaran lainnya di USBN-kan. Soal yang diberikan kepada siswi untuk mata pelajaran PPKn dan IPS di buat di MGMP sedangkan mata pelajaran lainnya soal oleh guru mata pelajaran masing-masing.

 

            UM dan USBN dilaksanakan dengan mengikuti jadwal dari dinas pendidikan kota Yogyakarta. Karena hal ini siswi tetap masuk mengikuti ujian pada hari Jum’at, meskipun hari Jum’at merupakan hari libur di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Meskipun demikian siswi mengaku tidak masalah, “yang penting ujiannya cepat selesai dan nilainya bagus-bagus”, kata Ajeng siswi kelas 3E.

 

            Siswi kelas 3 mengerjakan ujian dengan sungguh-sungguh. Persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Kita sudah belajar, ikut tryout dan bimbel juga. Sekarang tinggal di doain semoga nilainya bagus-bagus biar orang tua juga seneng”, ucap Hanifa siswi kelas IX B. Nilai UM dan USBN akan di umumkan pecan depan. Semoga nilai yang keluar bagus sesuai yang di harapkan oleh siswi, orang tua, guru dan segenap keluarga besar Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.