Si Unyil VII: Meriah Diikuti Peserta Sepulau Jawa

Kamis, 19 April 2018
si-unyil-vii-meriah-diikuti-peserta-sepulau-jawa

Sabtu pagi (14 April 2018), Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sudah dipenuhi siswi TK-SD dan orang tua atau pendamping yang ikut Semarak Islam Uji Nyali Insan Cilik (Si Unyil) VII. 471 orang siswi SD tersebut sudah terdaftar sebagai peserta lomba cerdas cermat agama (CCA), musabaqah tilawatil qur’an (MTQ), adzan, musabaqah hifdzil qur’an (MHQ), mendongeng, membaca puisi, da’i cilik dan menggambar. Peserta berasal dari daerah-daerah di Pulau Jawa. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh IPM Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sejak tujuh tahun yang lalu.

 

Secara keseluruhan lomba dilaksanakan pukul 08.30-12.00 WIB. Setiap lomba menempati ruangan yang telah di sediakan panitia. Total ruangan yang di gunakan sebanyak 16 termasuk ruang aula dan lapangan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Ruangan sebanyak itu di gunakan untuk ruang lomba, ruang transit peserta lomba maupun ruangan khusus panitia. Lomba dilakukan secara bersamaan, sistem seperti ini efektif mengefisienkan pelaksaan lomba.

 

Ustadzah Endang Winarsih S.Pd. yang merupakan salah satu juri lomba puisi terkesan dengan penampilan peserta lomba. Beliau merupakan juri langganan sejak pertamakali Si Unyil di adakan tujuh tahun lalu. “Pesertanya banyak, banyak juga yang dari luar Jogja. Lomba puisi pada Si Unyil kali banyak didominasi anak-anak kelas 4 dan 5 SD. Mereka sudah sangat matang penjiwaannya, intonasi, vokal, dan ekspresinya sesuai”, tuturnya.

 

Ke depan si Unyil akan terus di adakan. Jumlah peserta yang meningkat merupakan bukti nyata kerja keras IPM. Pekerjaan rumah selanjutnya adalah meningkatkan hal-hal yang sudah baik dan terus berinovasi. Semoga kegiatan Si Unyil VII memberikan pengalaman kepada peserta dan panitia dalam mengikuti dan menyelenggarakan kegiatan yang berkualitas.