Perpisahan Kelas VI : Lepas Landas Bukan Tinggal Kandas

Minggu, 22 April 2018
perpisahan-kelas-vi--lepas-landas-bukan-tinggal-kandas

Tenda putih telah terpasang di lapangan Madrasah Mu’allimaat untuk menyambut perpisahan kelas VI. Tenda tersebut di rancang, di pasang dan di hias sendiri oleh siswi kelas VI secara bersama-sama sejak Rabu sore (18/04/2018). Pukul 07.00 WIB (kamis, 19/04/2018) siswi, guru dan karyawan telah berkumpul untuk mengikuti acara. Perpisahan kali ini mengusung tema last call for gate G92 : lepas landas bukan tinggal kandas. Kelulusan siswi kelas VI diibaratkan penumpang pesawat terbang yang siap menaiki pesawatnya menuju tujuan berikutnya.

Acara perpisahan dibuka dengan sambutan dari Ustadzah Agustyani Ernawati S.Pd, direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam sambutannya beliau memotivasi dan mengingatkan kelas VI untuk melakukan tanggung jawabnya sebagai pemimpin dan ulama putri Islam di masyarakat. Suasana meriah mulai terbangun ketika beliau menyerukan yel-yel,” siapa pemimpin dan ulama putri Islam?”, seluruh siswi menjawab “saya,saya,saya”.

Pada acara ini seluruh siswi kelas VI berpartisipasi melakukan pertunjukkan. Secara berkelompok mereka melakukan tarian daerah, tarian modern, paduan suara, dan pertunjukan memainkan alat musik akustik. Tarian daerah di buat medley dalam satu pertunjukan. Sekelompok siswi memakai baju adat dari berbagai daerah menarikan tarian daerah di sertai musik dari banyak daerah di Indonesia. Hal ini melambangkan siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Tarian modern di lakukan dengan gerakan kontemporer di iringi musik berbahasa Korea dan Jepang. Meskipun begitu siswi tetap memperhatikan adab dan kesopanan. Paduan suara memilih lagu Jepang dan lagu Symphoni dari Clean Bandit dan Zara Larsson. Kedua lagu tersebut dinyanyikan dengan aransemen yang berbeda. Penampilan lainnya adalah pertunjukkan musik akustik. Untuk kepentingan ini satu set peralatan musik akustik berupa angkulung, gendang, tribal dan lainnya di naikkan ke panggung. Pertunjukan musik akustik memainkan lagu yang sedang di gandrungi saat ini. Di antara pertunjukan tersebut dilakukan pertunjukkan drama untuk merangkai

Selain siswi kelas VI, siswi kelas III juga turut berpartisipasi. Mereka menampilkan drama meskipun sedang bersiap untuk UNBK senin (23/04/2018). Di akhir acara penampilan guru dan karyawan memainkan drama “Kartini Masa Kini”. Drama ini di sutradarai oleh Ustadzah Endang Winarsih S.Pd. Penampilan guru dan karyawan tidak diduga oleh siswi-siswi. Ini merupakan kejutan persembahan untuk semua yang hadir dalam acara tersebut.

Acara di tutup dengan bersalaman. Guru-guru berbaris, siswi kelas VI mendatangi gurunya satu persatu. Acara ini diliputi haru. Siswi meminta maaf dan meminta doa dari gurunya supaya cita-cita tercapai. Selamat kepada siswi kelas VI. Melesatlah anak panah Muhammadiyah.