E-voting Untuk Ketua Umum PR IPM Mu’allimaat

Selasa, 02 Oktober 2018
evoting-untuk-ketua-umum-pr-ipm-mu’allimaat

Rabu (26 September 2018) 1094 siswi Madrasah Mu’allimaat Muhamamdiyah Yogyakarta melakukan e-voting untuk memilih ketua umum pimpinan ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan Lembaga IPM MTs (LIM). E-voting merupakan cara melakukan pemungutan suara menggunakan alat elektronik. Untuk itu, Madrasah Mu’allimaat Muhamamdiyah menyediakan 3 unit laptop dan 3 unit PC.

                Calon ketua umum PR IPM tahun ini Elfira Rahma Putri (kelas XI B MIA), Khairunnisa Rahma Safitri (kelas XI B MIA) dan Zakia Ilma Mazida (kelas XI E IIK). Selain itu siswi juga memilih calon ketua umum LIM kandidatnya, Bulan Rimadina Seva (kelas II D), Ahda Farikha (kelas II E) dan Annisa Aulia Fitri H. (kelas II E).

                Acara ini merupakan puncak dari rangkaian acara pemilihan calon ketua umum PR IPM. Sebelumnya setiap kandidat melakukan orasi tanggal 9 September 2018. Dilanjutkan kampanye bersifat “need assesment” di asrama. Selama masa kampanye kandidat dibantu 2 orang tim sukses. Satu orang dari pimpinan PR IPM Mu’allimaat dan satu lagi anggota angkatan.

                Acara ini dipandu 16 orang panitia yang merupakan siswi kelas III, V dan VI. Salah satu panitia menyampaikan harapannya, “Dengan adanya e-voting pemilihan ketua umum PR IPM dan LIM seluruh siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dapat belajar mengenai politik yang demokratif, memilih pemimpin yang amanah, dan sadar akan hak pilih yang dimiliki untuk kepemimpinan yang akan datang”.