Mengulik sistem produksi hingga pemasaran dari produsen mie instan terbesar di dunia.

Sabtu, 23 Maret 2019
mengulik-sistem-produksi-hingga-pemasaran-dari-produsen-mie-instan-terbesar-di-dunia

Kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Muallimaat memang tidak harus selalu dilakukan di dalam ruang kelas. Untuk semakin menunjang pembelajaran, KBM boleh saja dilakukan secara outing class. Seperti halnya kegiatan study lapangan yang dilakukan oleh siswi-siswi kelas 11 Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
.
Pada hari kamis (21/2) pukul 07.00 WIB, sejumlah 137 siswi kelas 11 bertolak dari kota Yogyakarta menuju PT. Indofood cbp sukses makmur tbk yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Disana para siswi diajak untuk mengamati proses produksi mie dan juga menyimak  materi tentang pemasaran yang disampaikan oleh tim dari bagian marketing. Tak hanya sekedar melihat dan menyimak, para siswi juga diberikan lembar kerja siswa(LKS) yang wajib dikerjakan secara individu. Selain itu, siswi juga diberi tugas berkelompok untuk mengumpulkan hasil laporan pengamatan.
.
 Pemilihan lokasi study lapangan untuk kali ini berorientasi pada mata pelajaran ekonomi, kimia, fisika, dan biologi. PT.Indofood dipilih karena selain sesuai dengan orientasi mata pelajaran yang dikehendaki, juga kerena perusahaan tersebut termasuk perusahaan ternama yang memiliki menejemen skala raksasa.  Walaupun hanya dilaksanakan selama satu hari, namun diharapkan para siswi mampu mengimplementasikan ilmu - ilmu yang telah didapat dari kegiatan study lapangan ini. "Harapan dari kami adalah implementasi dari keilmuan yang telah didapat. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bekal mereka nanti di pendidikan yang lebih tinggi, agar mereka mengenal sistem menejerial, sertifikasi kehalalan, teknik produksi dll," ungkap ustadzah Elpin Eliana selaku wakil direktur bidang pengajaran.
 
(Oleh : Ulya R, LPPM Muallimaat 2019)