HAFLATUL MAKTABAH (GEBYAR PERPUSTAKAAN)

Rabu, 06 November 2019
haflatul-maktabah-gebyar-perpustakaan

HAFLATUL MAKTABAH MENAMBAH SEMANGAT BERLITERASI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Bulan Oktober, merupakan bulan Bahasa dan Sastra. Bertepatan juga dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan lomba untuk memeriahkan acara di bulan tersebut. Beberapa kegiatan sudah terlaksana dengan lancar, menarik, dan penuh antusias bagi warga Madrasah Mu’allimaat. Acara tersebut terangkum dengan nama “Haflatul Maktabah” nama lain dari acara tersebut “Gebyar Perpustakaan”. Awal kegiatan acara ini dilaksanakan di hari Sabtu, 19 Oktober 2019 dengan berbagai acara lomba menarik dan acara puncaknya yaitu pada hari Senin, 28 Oktober 2019 dengan acara Talkshow panel “Modernitas dan Literasi Bahasa” dengan pembicara yang memotivasi serta seru, yaitu Bapak Isna Shobirin dan RUA. Zaenal Fanani, M.Prac.NLP, dengan Tema “ Bersama Semangat Sumpah Pemuda Perteguh Diri Dengan Literasi Sebagai Generasi Islami Yang Berprestasi”. Kalimat dari tema tersebut, memiliki makna memadukan semangat para pemuda untuk selalu berpikir postif, inovatif, serta memiliki semangat dalam berliterasi ilmu pengetahuan maupun ilmu agama sehingga menjadi generasi islami yang berprestasi.


Kegiatan Haflatul Maktabah Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berawal dari hari Sabtu, 19 Oktober 2019. Pada hari pertama tersebut ada beberapa kegiatan, antara lain:

  1. Lomba Literasi Bebas. Lomba tersebut diikuti oleh Guru, Karyawan, serta Siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Para peserta dipersilahkan untuk menulis beberapa tulisan bebas antara lain: puisi, pantun, cerpen, artikel, angan-angan, dan tulisan yang menginspirasi.
  2. Lomba Story Telling Aliyah.
  3. Lomba Taqdiimul Qishah Aliyah.
  4. Lomba Drama Bahasa Aliyah.
  5. Lomba kelima Language Vocal Group Aliyah.
  6. Lomba Speech Aliyah.

Pada hari pertama banyak kegiatan yang berhubungan dengan bahasa sebab Oktober merupakan bulan bahasa dan hubungannya sangat erat dengan perpustakaan, maka kegiatan ini merupakan kombinasi program antara Central of Language Movement (CLM) dan Perpustakaan. Pada hari kedua Ahad, 20 Oktober 2019 kegiatan umumnya banyak berasal dari perpustakaan antara lain:

  1. Lomba Orasi yang diikuti siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Lomba yel-yel yang diwakili dari setiap asrama sebanyak 13 asrama.
  3. Lomba logo atau ikon perpustakaan.

Dari beberapa lomba hari kedua tersebut diharapkan memberi semangat untuk berkreasi serta berinovasi dalam berkarya. Pada hari ketiga Kamis, 24 Oktober 2019 diselenggarakan lomba mengenai bahasa antara lain:

  1. Story Telling Tsanawiyah.
  2. Taqdiimul Qishah Tsanawiyah.
  3. Drama Bahasa Tsanawiyah.
  4. Language Vocal Group.
  5. Speech Tsanawiyah.

Di hari keempat Sabtu, 26 Oktober 2019 diselenggarakan kegiatan penilaian Lomba Perpustakaan Kelas. Lomba tersebut sudah dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019 hingga Sabtu, 26 Oktober 2019 serta waktu penilaian pukul 15.30 WIB – selesai. Diharapkan kegiatan Lomba Perpustakaan Kelas memberikan semangat untuk siswi Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk terus memanfaatkan ruang kelas. Acara puncak Haflatul Maktabah dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2019 di saat Hari Sumpah Pemuda.


Puncak kegiatan Haflatul Maktabah menjadi meriah karena ada beberapa bagian acara menarik antara lain Grand Launching ikon Literasi perpustakaan dan penyematan pin. Ikon yang diluncurkan merupakan karya siswi yang dilombakan serta menjadi ikon Literasi di Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah itu ada Talkshow “Modernitas dan Literasi Bahasa” yang diisi oleh 2 narasumber hebat dan menarik yaitu: RUA.Zaenal Fanani, M.Prac.NLP; yang merupakan Konsultan Pendidikan Trainer Nasional serta Direktur eksekutif LPM Visi Insan Utama dan Isna Shobirin, yang merupakan Co-Founder of Nusantara Learning Center, Manager of NEC dan NPC serta sebagai Coordinator of NST.


Diharapkan dengan adanya kegiatan ini selalu memotivasi warga Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk menghidupkan gerakan literasi di sekolah, terutama bagi siswi agar terus berinovasi dalam bidang ilmu pengetahuan. Selain itu literasi berfungsi untuk memperteguh diri sebab pengetahuan merupakan bekal kehidupan dan jika disalurkan dan disebarkan akan bermanfaat sebagai amal jariyah, sehingga siswi menjadi generasi Islami yang berprestasi.