Percaya Diri Berbahasa Arab Melalui Program International Friends

Senin, 10 Februari 2020
percaya-diri-berbahasa-arab-melalui-program-international-friends

International friend yang digelar Kamis, 6 Februari 2020 mendatangkan pemateri yakni Ahmed Shbair (Palestina) & Adham Al Awadly (Mesir). Kegiatan ini bertujuan supaya siswa mendapatkan pengalaman berkomunikasi berbahasa Arab dengan native speaker. Pembiasaan berinteraksi, berkomunikasi, saling menanggapai atau merespon penting bagi siswa untuk menguasai dan meningkatkan keterampilan bahasa arab.

            Kegiatan diikuti 158 siswa kelas V/ XI MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta. seluruh siswa tersebut mengikuti 3 sesi kegiatan kegiatan di ruang aula. Sesi I Arabic Cultural Study, siswa mendengarkan budaya dan kebiasaan masyarakat Arab. Sesi II Group discussion, siswa berdiskusi dalam grup dengan menggunakan bahasa Arab. Sesi III Practicing Arabic language with Native, siswa berkesempatan berbicara langsung dengan pemateri.

            Staf Bahasa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ustad Dwi Setyawan M.Pd., berharap siswa lebih percaya diri berbahasa Arab setelah kegiatan ini. “Setelah kegiatan ini, siswa diharapkan mampu merespon percakapan bahasa Arab secara lisan maupun tulisan. Hal ini akan sangat berguna siswa ke depan saat menjalin relasi dan pertemanan di luar negeri, khususnya di negara-negara yang menggunakan bahasa Arab”, tambahnya. Program ini mengukuhkan Madrasah Mu’allimaat sebagai sekolah unggulan yang mengembangkan kompetensi berbahasa.