Siswi Mu’allimaat Ikuti Sosialisasi Antisipasi Virus COVID-19

Sabtu, 14 Maret 2020
siswi-mu’allimaat-ikuti-sosialisasi-antisipasi-virus-covid19

Siswi Mu’allimaat Ikuti Sosialisasi Antisipasi Virus COVID-19

Menghadapi pandemik virus COVID-19, siswi Mu’allimaat bersiap-siap ansispasi dengan mengikuti sosialisasi pencegahan virus corona. Sosialisasi dilakukan di ruang Aula Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta selama dua hari. Kamis, 12 Maret 2020 dr. Hari Murti dari Rumah Sakit PKU Gamping melakukan sosialisasi kepada siswi kelas I (pukul 08.30-10.00 WIB ) dan kelas II (pukul 10.00-11.30 WIB). Sabtu 14 Maret 2020, dr. Endang Sri Rahayu dari dinas kesehatan Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi kepada siswi kelas IV (08.30-10.00 WIB) dan kelas V (10.00-11.30 WIB).

Kedua dokter menyampaikan kepada siswa tindakan pencegahan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan gerakan hidup sehat. “Penting untuk kita mencuci tangan dengan benar. Jika menggunakan air dan sabun kita harus mencuci tangan dalam hitungan 40 detik, tetapi jika menggunakan handsrub kita membutuhkan waktu 20 detik. Jika kurang dari waktu tersebut dikhawatirkan masing ada virus dan bakteri yang tertinggal”, ujar dokter Hari Murti. Siswi kemudian diajarkan langkah mencuci tangan dengan benar.

Acara semakin menarik karena sesekali pembicara melemparkan pertanyaan kepada siswi. Siswi yang menjawab pertanyaan dengan benar diberikan hadiah berupa snack rasa cokelat. Siswi yang lain jadi bersemangat untuk menjawab pertanyaan dari dokter. Di akhir acara siswi diberikan kesempatan bertanya. Elsa siswi kelas II F bertanya, “Dokter apa betul tidak ada obat yang bisa membunuh virus COVID-19?”. Dokter Hari menjelaskan sampai saat ini belum ditemukan obat dan vaksin COVID-19. “Saat ini pasien yang terkena virus COVID-19 kesembuhannya tergantung daya tahan tubuhnya”, ujarnya.