Pelepasan Virtual Siswi Kelas VI oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Minggu, 28 Juni 2020
pelepasan-virtual-siswi-kelas-vi-oleh-pimpinan-pusat-muhammadiyah

Ahad (28 Juni 2020), untuk menyiasati kondisi pandemi yang terjadi saat ini, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan pelepasan siswi kelas VItahun pelajaran 2019/2020 sejumlah 137 siswi secara virtual bekerjasama dengan tvMu. Seluruh siswi kelas VI beserta orangtua, guru dan karyawan Madrasah Mu’allimaat diundang dalam acara tersebut dengan menggunakan aplikasi zoom. Dalam acara ini turut pula mengundang tamu dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, PP Aisiyah, Badan Pembina Harian Madrasah Mu’allimin-Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Pimpinan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakartya, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY, Kepala Dinas Kementrian Pemuda dan Olahraga DIY, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Yogyakarta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah DIY, Pengawas MTs dan MA Kota Yogyakartaserta Komite MTs dan MA Mu’allimaat Muhammadiyah.

Acara ini berlangsung mulai pukul 07.30 -10.30 WIB secara live di tvMu, channel youtube Muallimaat Jogja dan Facebook Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah. Diawali dengan pembacaan kalam ilahi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Sang Surya. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Ibu Agustyani Ernawati, M.Pd, yang selanjutnya oleh Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimin-Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Bapak Dr. H. Agung Danarto, M.Ag serta sambutan olehKetua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah yakni ibu Dra. Hj. Siti Noordjannah Djohantini, M.M., M.Si.

Pada kesempatan ini, meski secara virtual acara pelepasan juga dimeriahkan oleh penampilan siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah dengan menyanyikan lagu Pantang Pulang. Lagu ini merupakan lagu yang didedikasikan untuk seluruh siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dimana liriknyamenggambarkan kebulatan tekad siswi saat menempuh pendidikan selama 6 tahun di Madrasah Mu’allimaat tercinta untuk menjadi kader militant.

Bapak Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., selaku Ketua UmumPimpinan Pusat Muhammadiyah turut hadir untuk memberikan amanat kepada para siswi yang lulus tahun ini. Sebagai lulusan dari sekolah dibawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, para siswi diharapkan mampu menjadi anak panah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, pelepasan tahun ini juga mengumumkan siswi - siswi yang berprestasi baik dalam bidang akademik, non akademik, maupun kader terbaik.Dari 137 siswi kelas VI yang mengikuti pelepasan, sebagian siswi telah diterima di universitas negeri maupun swasta baik melalui jalur SNAMPTN Undangan, SPAN-PTKAIN, tes maupun non tes. Diantaranya mereka telah diterima di Universitas Gajah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Soedirman, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, UIN Sunan Kalijaga, MTCC, UNAIR, Universitas ‘Aisyiyah, Universitas Muhammadiyah Malang dan STIKES Muhammadiyah Klaten.