Fortasi Virtual di Tengah Pandemi

Rabu, 01 Juli 2020
fortasi-virtual-di-tengah-pandemi

Fortasi Virtual Madrasah Muallimaat, Tetap Harus Berjalan di Tengah Pandemi

Fortasi atau Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa merupakan gerbang perkaderan utama di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, yang menjadi suatu langkah awal di mana anak panah Muhammadiyah siap melesat. Fortasi di Muallimaat sendiri berbeda dengan fortasi pada umumnya. Kegiatan wajib bagi siswi baru ini berisikan materi-materi beserta tips-tips berkehidupan di asrama.

 

Akan tetapi, dengan adanya Pandemi COVID-19, budaya Fortasi khusus tahun ini terpaksa harus berbeda. Kondisi saat ini sangat tidak memungkinkan diselenggarakannya Fortasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Panitia pun harus mengatur ulang strategi supaya fortasi via online ini tetap bisa menjadi media tersampaikannya materi secara baik dari panitia ke peserta.

 

"Kondisi Pandemi COVID-19 ini tentu menjadi dilema untuk kita sebagai Panitia Fortasi 2020 Madrasah Muallimaat dalam melaksanakan Fortasi. Tentu Fortasi yang biasanya menghirup udara Madrasah dan sekitarnya yang memberi kenangan di setiap menitnya, kini harus ditahan dulu. Tapi apapun keadaannya kita tetap harus bersyukur karena Allah SWT pasti memberi kemudahan di setiap kesulitan. Maka dari itu kita segera mengambil keputusan tentang Fortasi via online.” Begitulah kata Aisyah Lathifunnisa’ selaku ketua panitia Fortasi tahun ini.

 

Walau harus merasakan fortasi via online namun dipastikan para penerus kader Aisyiyah ini tetap mendapatkan pelatihan perkaderan yang setara dengan fortasi di tahun-tahun sebelumnya.

Fortasi kali ini diikuti oleh 240 peserta yang dilakukan via online. Rencananya, Fortasi Virtual ini dilaksanakan selama dua hari pada 8 dan 9 Juli 2020 via Zoom Meeting. Fortasi hari pertama adalah orientasi Madrasah Muallimaat melalui beberapa video dokumentasi dan pengenalan peserta dengan fasilitator kelompok masing-masing. Sementara Fortasi pada hari kedua adalah mengorientasikan mengenai Fortasi Mu’allimaat.

Sementara itu, Fortasi secara tatap muka direncanakan akan berjalan pada tanggal 9-13 September 2020 mendatang. Kegiatan pada Fortasi ini sama seperti Fortasi biasanya, yakni materi seputar Muhammadiyah dan Mu’allimaat, pengenalan lingkungan sekolah, penanaman karakter siswi, serta life hack berkehidupan asrama. (Red-IPM Mu’allimaat)