Orientasi Bahasa 2020, Siswi Baru Belajar Menggunakan Zoom Meeting, Whatsaap dan Youtube

Senin, 20 Juli 2020
orientasi-bahasa-2020-siswi-baru-belajar-menggunakan-zoom-meeting-whatsaap-dan-youtube

 

            Siswi baru Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dijadwalkan mengikuti orientasi bahasa selama empat hari. Orientasi dibagi menjadi dua sesi yaitu bahasa inggris dan bahasa arab. Kegiatan ini dipandu langsung oleh ustad Dwi Setyawan, M.Pd., staf urusan bahasa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau menyampaikan bentuk kegiatan orientasi bahasa berupa kelas bahasa arab dan inggris, international class dan public speaking. “Setelah kegiatan ini kemampuan berbahasa siswi baru meningkat, untuk bahasa inggris maupun bahasa arab”, ujar beliau.

            Sesi bahasa Inggris dilaksanakan pada rabu-kamis (15-16 Juli 2020). Mr. Martin dari United Kingdom diundang untuk menjadi pembicara. Melalui zoom di hari pertama para siswi baru akan diajak untuk berdialog tentang aktivitas di asrama dan di madrasah. Dilanjutkan keesokharinya berdiskusi mengenai daily verb, bathroom and kitchen, dan public speaking.

            Sesi bahasa Arab dilaksanakan para sabtu-ahad (18-19 Juli 2020). Pembicara bahasa arab adalah ustadzah Nur’aini Rokhmawati, S.Ag., guru mata pelajaran bahasa arab Madrasah Mu’allimaat. Beliau akan mengajak siswi baru mengenal kosa kata dalam bahasa arab serta penggunaannya pada kegiatan sehari-hari.

            Kegiatan akan ditutup dengan closing dan award for the best student in language. Mr. Danish dari Pakistan menjadi bintang tamu bergabung melalui zoom. Pada kegiatan ini siswi yang paling aktif akan diberikan penghargaan dan hadiah.

            Selama kegiatan siswi akan didampingi guru kelas. Jumlah guru kelas 12 orang terdiri dari 6 guru kelas bahasa inggris dan 6 lainnya guru kelas bahasa arab. Guru kelas merupakan orang-orang yang kompeten di bidang bahasa arab dan bahasa inggris. Guru kelas akan memandu kelas selama orientasi yang pembelajarannya menggunakan zoom meeting, whatsapp group dan youtube.