Pelatihan Pembuatan Video untuk Mensuport Pamong Asrama dalam Mengajar KBM Asrama Daring

Sabtu, 12 September 2020
pelatihan-pembuatan-video-untuk-mensuport-pamong-asrama-dalam-mengajar-kbm-asrama-daring

(10 September 2020), Pamong asrama Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti pelatihan pembuatan video menggunakan aplikasi kinemaster sejak pukul 09.00 WIB. Tidak hanya belajar materi, para pamong asrama juga melakukan praktik pembuatan video. Pelatihan tersebut bertajuk “Membuat Video yang Bagus dan Menarik dengan Kinemaster”. Selama mengikuti pelatihan para pamong asrama didampingi oleh bapak Hendrawan Setyawan yang merupakan kontributor CNN Indonesia.

            Bapak Hendrawan memandu para pamong membuat video pembelajaran dan tausiyah. Beliau menyampaikan trik pengambilan video dan tata cara mengedit video menggunakan gawai yang telah terinstal aplikasi kinemaster. “Yang harus kita lakukan pertama kali adalah menyiapkan konsep materi yang akan disampaikan. Setelah itu mulai merekam video dan barulah diedit menggunakan kinemaster”, ujar beliau.

            Di masa pandemi ini pamong asrama harus tetap mengajar dan bertausiyah secara daring, salah satu media yang banyak digunakan adalah video. Menurut Ustad Dwi Setyawan, M.Pd., pelatihan ini bertujuan meningkatkan ketrampilan teknologi, meningkatkan keterampilan editing video dan mengaktualiasikan dalam bentuk video tausiyah dan mengajar di asrama. “Pamong diharapkan tetap mengembangkan nilai-nilai keislaman secara daring melalui video”, ujar beliau.