Selamat, Farah Haura Menang Lomba Menulis Cerpen

Selasa, 06 Oktober 2020
selamat-farah-haura-menang-lomba-menulis-cerpen

(5 Oktober 2020), Farah Haura Az-zahra siswi kelas 3 Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta memenangkan lomba menulis cerpen nasional yang diadakan oleh penerbit Alinea Pertama. Cerpen yang berjudul “Kembali untuk Mereka” mengantarkan Farah meraih juara 3 pada lomba tersebut. Farah menyampaikan rasa syukurnya saat diumumkan sebagai pemenang melalui media sosial resmi penyelenggara.

            Cerpen “Kembali untuk Mereka” berlatar belakang masa penjajahan Jepang. Melalui cerpen tersebut Farah ingin menyampaikan pesan kepada pembaca. “Jadi pada intinya saya ingin menyampaikan kalau kita harus menerima apapun yang diberikan Allah kepada kita dan kita harus menjalin pertemanan dan saling percaya satu sama lain”, ujarnya. Farah tidak membutuhkan waktu lama untuk menulis cerpen. “Penulisan cerpen yang diikutkan lomba kali ini membutuhkan waktu 2 hari”, kata Farah. 

            Sejak kelas 3 SD Farah sudah sering menulis. “Di masa pandemi ini jadi lebih banyak waktu untuk menulis dan lebih leluasa menggunakan laptop karena belajar daring di rumah”, ujarnya. Farah menyampaikan ia sangat terinspirasi oleh penulis-penulis hebat seperti Tere Liye. “Saya lebih banyak memilih topik masa penjajahan Belanda, fantasi, dan cerita klasik”, ujarnya. Menurutnya cerita dengan topik tersebut akan lebih menarik minat media dan tidak klise.

Dalam menulis Farah mendapatkan dukungan penuh dari teman sekelasnya sehingga ia merasa sangat termotivasi. “Teman saya Namanya Bhaiq Dhia, kami selalu saling memotivasi. Kadang kami mengikuti seminar online supaya bakat kami semakin terasah”, ujarnya. Bersama-sama dengan Bhaiq Dhia, Farah mengikuti lomba menulis . biasanya keduanya mendapatkan info lomba menulis dari Instagram. Saat ini Farah dan Bhaiq Dhia terus menekuni bakat dan hobi menulis mereka. Di akhir wawancara Farah menyebutkan ia sedang dalam proses menulis naskah novel.