Madrasah mengikuti Skype-a-Thon Live From Toronto Canada 2017

Rabu, 29 Maret 2017
madrasah-mengikuti-skypeathon-live-from-toronto-canada-2017

Dalam rangka menyambut tren pendidikan global di era digital, Kamis (23/3/2017) jam 09.30 – 13.30 siswi kelas VII Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kegiatan “Skype-a-thon live from Toronto Canada” yang merupakan program dari Microsoft Indonesia Divisi Pendidikan. Acara ini diikuti oleh 52 sekolah dari seluruh Indonesia dan 1 sekolah Indonesia di Malaysia dengan melibatkan ± 2000 guru dan siswa, untuk kegiatan ini Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melibatkan 42 Siswi di dampingi oleh Ibu Diah Fakhmawati, M.Pd., dan Ibu Umi Rastuti, S.T.

 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan sehingga bisa mewadahi kebutuhan tenaga pendidik dan siswa seperti teknologi dari Microsoft yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan belajar mengajar seperti Skype, OneNote dan Office 365. Pembelajaran abad 21 berfokus untuk mengembangkan kemampuan anak dalam hal komunikasi, kolaborasi dan kemampuan komputasi serta melatih pola berfikir kritis, logis, kreatif dan terstruktur dalam membentuk karakter-karakter anak yang dapat bersaing di masa depan dan mampu beradaptasi dengan baik di era digital. Dunia pendidikan pada saat ini dituntut untuk “melek” teknologi dan memberikan pengajaran terhadap akses komputer dan teknologi kepada para siswi sejak dini. Teknologi ini mampu menghubungkan ruang kelas dari berbagai lokasi sehingga mendorong terjadinya proses belajar mengajar tanpa batasan ruang dan waktu.

 

Diah Fakhmawati, M.Pd. memaparkan siswa sangat antusias mengikuti karena lewat Skype-a-thon mereka belajar banyak tentang macam-macam materi yang disampaikan guru Indonesia yang sedang mengikuti kegiatan langsung oleh Educator Exchange di Canada. Dari para narasumber mereka mendapatkan nuansa tentang pendidikan di luar negeri seperti di Finlandia dan Amerika. Selain itu mereka juga belajar banyak tentang situasi sekolah lain serta seni budaya yang disajikan selama kegiatan berlangsung.

 

Merupakan sebuah kehormatan bagi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta telah terpilih untuk berpartisipasi dalam kegiatan Microsoft Skype-a-Thon. Hal ini merupakan bukti bahwa guru-guru dan staff di madrasah kami memiliki peran yang besar dalam menciptakan lingkungan belajar mengajar yang terbaik bagi para siswa. Kami ingin membagi pengalaman kami ini dengan sekolah-sekolah lain di wilayah ini dan juga sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia supaya mereka dapat juga mengetahui cara-cara inovatif yang dapat membekali para siswa dengan perangkat-perangkat yang tepat untuk dapat sukses di dalam dan di luar ruang kelas.