Study Lapangan Ke Museum Purba Sangiran dan PT. Logan

Sabtu, 01 April 2017
study-lapangan-ke-museum-purba-sangiran-dan-pt-logan

Kamis (23/3/2017) Siswi kelas VIII Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan study lapangan ke Museum Purba Sangiran dan PT. Lombok Gandaria, study lapangan dilakukan sebagai media aplikasi pembelajaran di kelas, dipilihnya Museum Purba Sangiran Sragen terkait pembelajaran Sejarah sedangkan PT. Lombok Gandaria Karanganyar terkait dengan industri pangan untuk pembelajaran Biologi .

 

Di Museum Sangiran, selain dipandu oleh guru mata pelajaran, petugas museum juga mendampingi para siswi untuk lebih mengetahui peninggalan fosil-fosil purba di Indonesia khususnya di Indonesia mulai dari fosil binatang purba, tanaman serta kehidupan manusia di zaman dahulu. Mereka diberi kesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum jelas, terlihat para siswi banyak bertanya untuk melengkapi tugas laporan yang diberikan guru mata pelajaran. Setelah seluruh data yang diperlukan didapatkan para siswi bertolak ke PT. Lombok Gandaria untuk melihat bagaimana proses pengolahan kecap dan saus sambal dilakukan dalam skala besar/industri. Mulai dari kebersihan para pegawai, penyiapan bahan baku, proses pengolahan sampai proses akhir selesai. Pada sesi selanjutnya para siswi diajari teknik memasak dalam acara demo memasak yang diadakan oleh PT. Lombok Gandaria dengan menghadirkan seorang chef. Setelah setelah demo masak, PT. Lombok Gandaria menampilkan company profile dan disaksikan oleh seluruh peserta study lapangan.

 

Setelah acara setelah di PT. Lombok Gandaria, para siswi melanjutkan perjalanan pulang, tapi sebelum itu rombongan berhenti di Masjid Al Aqsa Klaten untuk menunaikan Sholat Maghrib berjamaah. Semoga pelaksanaan study lapangan kali ini bisa memberikan pengalaman yang berharga bagi siswi-siswi kelas VIII untuk bekal mereka kelak di kemudian hari.