Diksar Hizbul Wathan “ Takut dan Bimbang. Janganlah Tumbang”

Minggu, 09 April 2017
diksar-hizbul-wathan-“-takut-dan-bimbang-janganlah-tumbang”

Hisbul Wathan Dewan Kerabat Qabilah Fatmawati (DKQF) periode 2016/2017 kembali melaksanakan Pendidikan Dasar (DIKSAR) pada Jumat, (23/03) lalu. DIKSAR yang diikuti oleh seluruh siswi kelas V/XI Aliyah ini mengusung tema “Takut dan Bimbang, Janganlah Tumbang”. Tujuan kegiatan ini tentunya untuk meningkatkan keberanian siswi dan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

 

DIKSAR yang dilaksanakan di Babarsari, Sleman ini menurut Ratna Shafa Izzatunnisa, selaku Ketua DIKSAR menjelaskan bahwa tujuan dipilihnya wilayah Babarsari sebagai lokasi DIKSAR ialah agar kegiatan terlaksana dengan natural dan dekat dengan alam. “ Agar kegiatannya tidak mumet jika dilakukan di indoor, temen-temen pasti ingin refreshing dengan kegiatan outdoor. Dan juga, karna pendidikan dasar nya pun peng-aplikasi-an nya kan di alam jadi biar lebih real dan natural” jelas Shafa.

 

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 dari Madrasah Muallimaat, dan berakhir pada pukul 17.00 WIB, dengan seluruh peserta diborong ke lokasi menggunakan mobil BASARNAS. Antusiasme sangat terlihat diwajah peserta saat mereka mengikuti seluruh kegiatan-kegiatan dengan cakcek. Masing-masing kelompok terlihat berusaha menyelesaikan tantangan dari pos pertama hingga pos ke enam. Adapun di pos pertama peserta diminta untuk menjawab sandi HW dengan tepat agar bisa melanjutkan ke pos berikutnya. Dilanjutkan dengan menjawab kode HW di pos dua, lalu tali-temali dan mengukur lebar sungai di pos tiga, kemudian menghitung Kecepatan deras sungai dan kedalaman air sungai di pos empat. Sedangkan di pos ke lima dan ke enam peserta diminta untuk mengukur tinggi pohon dengan perkiraan menggunakan tongkat, yang kemudian berakhir di pos enam yaitu terjun refling dari jembatan yang dibimbing dan diawasi oleh HW UMY dan UAD.

 

“ DIKSAR kali ini seru, kita jadi dekat dengan alam dan berani. Sangat menantang ketika refling karna deg-degan namun ketika sudah selesai kita semakin berani dan percaya diri “ cerita Fida Fatina Atifah, salah satu peserta.