Pembekalan Calon Mujanibah

Minggu, 16 April 2017
pembekalan-calon-mujanibah

Seratus tiga puluh dua siswi kelas X Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti sosialisasi dan pembekalan calon Mujanibah (kakak kelas yang mendampingi siswi kelas VII, VIII, IX tingkat MTs di asrama) selama tiga hari, Sabtu 9 April s.d Selasa 11 April 2017. Acara berlangsung dari jam 07.00-12.00 WIB di Gedung Universitas Aisyiyah (UNISA) yang bertempat di Serangan Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan agar siswi yang menjadi peserta sekaligus calon Mujanibah memahami tugas dan peranannya sebagai Mujanibah yang akan mereka jalani pada awal tahun ajaran 2017/2018.

 

Pada hari pertama siswi mendapat materi tentang pemahaman diri, komunikasi efektif, review dan diskusi materi. Hari kedua, materi yang disampaikan tentang pemahaman diri, komunikasi efektif, review dan diskusi materi. Hari ketiga, teknik konseling, manajemen konflik, dan eksplore calon Mujanibah menggunakan angket. Materi-materi tersebut disampaikan oleh pembicara yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut antara lain Haryadi Nugraha, M.Pd., Dianari Widyastuti, M.Pd., Caraka Putrabakti, M.Pd., Irfan Budihanda, M.Pd. yang merupakan dosen Bimbingan Konseling di Universitas Ahmad Dahlan.

 

Ketua panitia, Betty Herma S.Pd., menyampaikan harapannya, “semoga calon mujanibah bisa mendampingi adik-adiknya dengan baik saat bertugas”. Koordinasi antara pendamping dengan calon mujanibah akan dilakukan secara periodik pada saat, sebelum, di pertengahan dan evaluasi setelah tugas sebagai mujanibah selesai dilakukan.