MTs. Mu’allimaat Wakili DIY Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Minggu, 23 April 2017
mts-mu’allimaat-wakili-diy-lomba-sekolah-sehat-tingkat-nasional

Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 untuk MTs Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta telah terlaksana pada hari Rabu 19 April 2017, lomba dinilai langsung oleh tujuh juri yang berasal dari 2 (dua) Kementerian yakni Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tim dipimpin oleh Ibu DR. Ni Made Diah, Pld. Turut hadir dalam acara tersebut Badan Pembina Harian Madrasah Mu’allimin Muallimaat, Kepala Kantor Kemenag DIY, Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Camat Ngampilan, Muspika Kecamatan Ngampilan, Lurah Notoprajan serta pengurus RW dan RT dilingkungan Madrasah.

 

Acara diawali dengan penyambutan Tim Juri dengan pengalungan shall batik oleh siswi-siswi yang memakai baju atsar, tarian daerah diperagakan sebagai bentuk penghormatan kepada tim juri, kader-kader kesehatan berjejer menyambut dan mengucapkan selamat datang di MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Tim Qobilah Fatmawati Hizbul Wathan dan Tim Tapak Suci juga memperagakan semaphore dan jurus-jurus yang menarik perhatian para juri. Selanjutnya tim juri melihat pameran hasil karya siswi-siswi MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dari mulai kerajinan tangan sampai dengan teknologi tepat guna.

 

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Harian Badan Pembina Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Bapak DR. H. Agung Danarto, mengucapkan selamat datang di Kota Yogyakarta khususnya di MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta serta memaparkan peran strategis Madrasah Muallimaat Muh. Yk. karena pengawasan dan pembinaannya berada langsung di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Oleh karena itu dengan lomba sekolah sehat tingkat nasional ini diharapkan Madrasah Mu’allimaat menjadi madrasah percontohan bagi sekolah/madrasah dilingkungan Persyarikatan Muhammadiyah dalam mewujudkan sekolah sehat.

 

Berikutnya Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ibu Agustyani Ernawati, S.Pd., memaparkan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk mendukung program sekolah sehat diantaranya sistem yang kuat dengan tata tertib dan pembentukan kader-kader kesehatan diantaranya adalah Kader Santri Pemantau Jentik (Samantik), Kader Pungut Tampung Sampah (Pumpung), Kader Hidroponik, Kader Apotek Hidup, Kader Kedisiplinan, Kader Kreatif Dakwah Islam (Keda’i), Kader Cinta Satwa (Ciwawa) dan Kader Pelajar Kritis (KPK), keunggulan Usaha Kesehatan Sekolah dan berbagai kejuaraan juga diraih oleh siswi-siswi MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Selain itu juga madrasah didukung oleh warga sekitar dengan Ikrar Bebas Asap Rokok di kawasan RW. 08 dan RW. 06 Notoprajan guna mewujudkan lingkungan yang lebih sehat sehingga kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi lebih nyaman dan sehat.

 

Tim Juri selanjutkan menilai dan melihat secara langsung kondisi madrasah sebagai bahan pertimbangan penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional mulai dari sarana prasarana dan berbagai kegiatan yang ada di Madrasah. Setelah melihat secara langsung Tim Juri menyampaikan beberapa catatan dan evaluasi diantaranya dari segi sarana dan prasarana sudah sangat memadai, pengelolaan lingkungan sudah sangat baik dan dukungan masyarakat sekitar menjadi catatan yang sangat bagus dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.

 

Acara ditutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Bpk. Drs. H. Sigit Warsita, M.A. yang menyatakan dukungan langsung kepada MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam segala daya upaya madrasah menciptakan lingkungan yang sehat, asri dan nyaman untuk Kegiatan Belajar Mengajar di madarsah, ucapan terima kasih kepada seluruh elemen Madrasah, Masyarakat dan Muspika terkait dalam mendukung MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta, tinggal kekuatan doa kepada Alloh SWT agar mendapatkan hasil yang terbaik.