Kegiatan Baitul Arqam Purna kelas VI

Rabu, 26 April 2017
kegiatan-baitul-arqam-purna-kelas-vi

Pada hari Sabtu-Ahad (22-23 April 2017) sebanyak 172 siswi kelas VI/XII Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kegiatan Baitul Arqom Purna (BAP) tahun pelajaran 2016/2017 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bantul. Dalam pelaksanaan kegiatan ini madrasah bekerja sama dengan Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Pusat Aisyah. Acara dibuka oleh Badan Pembina Harian Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam hal ini diwakili oleh Bapak Drs. H. Ismail Siregar, selanjutnya sambutan dari Direktur Ibu Agustyani Ernawati, S.Pd. yang memaparkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membekali siswi-siswi kelas VI yang selanjutnya akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi untuk mencapai cita-cita juga pembekalan menjadi anak panah Muhammadiyah setelah menyelesaikan studi selama 6 tahun di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Untuk penyampaian materi, siswi kelas VI di bagi menjadi tiga kelas, materi pertama yang disampaikan adalah Dinamika Perjuangan Aisyiyah (tantangan dan kelemahan) oleh Ibu Nurhayati, M.Pd.B.I., Ibu Dra. Salmah Orbaniyah, M.Kes, Apt. dan Ibu DR. Susilaningsih. Materi kedua Adabul Mar’ah fil Islam oleh Ibu Nofri Hartini, S.Ph., Ibu Nurhidayani, S.H., M.H., dan Ibu Dr. Hibanah Yusuf. Materi ketiga Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah oleh Ustadz Ikhwan Ahada, S.Ag., M.Ag., Ustadz Hatib Rahmawan, M.Pd. dan Ustadz Hendra Darmawan, M.Pd. Materi ke empat Peran dan Profil Alumni Mu’allimaat dalam Masyarakat disampaikan oleh Tim Alumni. Materi Ke lima Kepemimpinan dan Profil Kader Muhammadiyah/Aisyiyah oleh Prof. Dr. Chamamah Soeratno. Materi terakhir adalah Peran AMM Dalam Penegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar oleh Ketua PP. IPM, Ketua DPD IMM DIY dan Ketua PP. NA.

 

Semoga dengan pembekalan Baitul Arqam Purna ini siswi-siswi kelas VI Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menjadi pribadi yang lebih kuat dalam mengemban amanah sebagai alumni dan sebagai anak panah Muhammadiyah yang akan berjuang di tengah-tengah masyarakat menyebarkan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.