Workhshop Penyusunan Silabus Mu’allimin-Mu’allimaat

Kamis, 15 Juni 2017
workhshop-penyusunan-silabus-mu’alliminmu’allimaat

Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta membentuk tim gabungan guru-guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk menyusun silabus. Silabus yang di susun terkait mata pelajaran Islam, kemuhammadiyahan, bahasa arab dan kekhasan. Tim gabungan yang berjumlah 90 orang melakukan workhshop pada sabtu-ahad (10-11 Juni 2017) dari pukul 08.00-15.00 WIB di ruang aula Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

            Di hari pertama, workshop di buka dengan sambutan Direktur Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, pengantar dari perwakilan BPH Amik Setiaji M.Pd dan sosialisasi sistem pembelajaran tahun pelajaran 2017/2018 oleh wakil direktur I bagian kurikulum Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah pembukaan penyusunan silabus mulai di lakukan. Guru Mts di bagi menjadi 23 kelompok, dan guru MA di bagi menjadi 31 kelompok sesuai dengan mata pelajaran masing-masing.

            Amik Setiaji M.Pd mengatakan” karena kurikulum menjadi dasar pembelajaran maka penyusunan silabus ini penting untuk pembelajaran di Mu’allimin dan Mu’allimaat. Pelaksanaan pembelajaran di kedua sekolah tersebut akan di buat sama, kecuali mata pelajaran tertentu misalnya keterampilan yang di ajarkan di mu’allimaat adalah menjahit sedangkan di mu’allimin keterampilan yang di ajarkan yang lain”. Anggota BPH lainnya, Dra. Hj. Soimah Kastolani menyampaikan setiap akhir tahun pelajaran silabus akan di review. Tindak lanjut dari workshop ini adalah pembuatan buku yang akan mulai di lakukan sekitar bulan Juli 2017.