Tes IQ untuk Siswi kelas I

Rabu, 27 September 2017
tes-iq-untuk-siswi-kelas-i-

Selasa (26/07/2017), siswi kelas I mengikuti tes IQ. Tes ini di adakan untuk memetakan potensi akademik yang dimiliki siswi. Tes dilakukan pukul 07.00-11.00 WIB di ruang kelas masing-masing. Setiap kelas di damping oleh tim dari Primashindo, biro psikotes yang di undang Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Ibu Sugiyarsi S.Si,koordinator pelaksana psikotes menyebutkan tim dari primasindo sebanyak  8 orang yang semuanya adalah profesional di bidang pengukuran tes IQ dan minat bakat. “Tes seperti ini penting untuk dilaksanakan. Gunanya adalah untuk melihat kemampuan dan minat anak”, sambungnya. Menurutnya kemampuan seseorang bersifat dinamis tergantung pola asuh, pola belajar dan lingkungan. Sehingga tes semacam ini sebaiknya dilakukan secara berkala, di awal kelas I untuk memetakan kemampuan siswi, kelas III untuk memilih jurusan yang tepat, dan kelas 6 saat menentukan program studi di perguruan tinggi.

Tes yang dijalani siswi terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama tes kemampuan umum selama 90 menit. Tes ini untuk melihat kemampuan siswi. Tes kedua adalah tes minat selama 30 menit. Tes ini untuk melihat bidang mata pelajaran yang disukai siswi. Tes ketiga adalah tes kepribadian selama 45 menit. Tes ini untuk mengetahui sifat perilaku siswi. Lainnya waktu dipergunakan untuk mengisi biodata dan mendengarkan penjelasan dari instruktur yang mendampingi setiap kelas. Sebelum mengerjakan soal tes, instruktur menjelaskan cara mengerjakan soal.

Setiap tahun tes IQ semacam ini diadakan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Hal ini untuk memudahkan guru dalam memahami kebutuhan belajar siswi. Setelah kemampuan, minat dan intelejensi siswi terpetakan, guru dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan siswi. Selanjutnya guru akan melakukan treatmen untuk menaikkan kemampuan siswi dan membuat solusi untuk mengatasi kekurangan siswi.