Kader Batik Latihan Membatik

Kamis, 09 November 2017
kader-batik-latihan-membatik

           Siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta latihan membatik di sanggar Batik Namburan Wirobrajan (12/10/2017). Siswi yang mengikuti latihan membatik adalah siswi yang menjadi kader batik. Seluruh kader batik berjumlah 8 orang siswi yang merupakan perwakilan dari kelas II, IV dan V. Tugas kader batik adalah mendampingi siswi lain dalam kegiatan membatik yang akan dilaksanakan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

            Selama mengikuti latihan membatik pukul 08.00-15.00 WIB, kader batik didampingi oleh pemilik sanggar Batik Namburan Wirobrajan ibu Evy dan 2 orang karyawannya. Dengan sabar Ibu Evy memperkenalkan macam-macam batik, cara membuat pola, mencanting, dan pewarnaan. Setelah itu siswi praktik membuat batik. Siswi antusias dalam mengerjakan proses membatik, sesekali bertanya kepada ibu Evy dan karyawannya.

            Selain menyenangkan kegiatan latihan membatik juga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada batik yang merupakan warisan budaya Indonesia. Setelah mengikuti latihan membatik, kader batik diharapkan semakin menguasai tekhnik membatik dan dapat mengajarkan kepada siswi yang lain.