Amara dan Perjalanan Meraih Mimpi Hingga Negeri Turki

  • 11 Okt 2021
  • 329
Amara dan Perjalanan Meraih Mimpi Hingga Negeri Turki

Amara Salsabila Putri, atau yang kerap disapa Amara merupakan salah satu kader diaspora yang sangat menginspirasi. Ia adalah salah satu alumni Madrasah Mu’allimaat yang berhasil meraih mimpinya untuk melanjutkan pendidikan di negara bercorak Islam di kawasan Eurasia, yaitu Turki. Perempuan yang berasal dari Ngawi, Jawa Timur ini juga memiliki cerita panjang perjalanannya meraih mimpi hingga sampai di negeri Turki.

Mimpinya berawal semenjak ia duduk di bangku SMP. Hal ini bermula ketika ia kerap mendengar berita mengenai negara tersebut. Ketertarikannya terhadap sejarah Dinasti Islam di negara tersebut juga menjadi salah satu tekad kuat untuk berani memantapkan kaki mengejar mimpinya melanjutkan pendidikan di negara Turki.

Hal ini tentunya tak cukup mudah bagi Amara. Namun, segala persyaratan yang tampak sulit sekalipun tak menyurutkan semangatnya mengejar mimpi. Bahkan, peran serta dan dukungan dari madrasah juga terbilang sangat berpengaruh. Mulai dari dukungan administrasi, akses rekomendasi, hingga dukungan moral kepada Amara serta pendampingan hingga akhirnya ia dinyatakan lulus program beasiswa dan menjadi mahasiswa Uluda? Üniversitesi, salah satu kampus bergengsi di wilayah Bursa, Turki.

"Tips nya adalah jangan lupa ber-ikhtiar namun juga bertawakkal. Apapun hasilnya harus diterima dengan legowo", ungkap Amara.

Walaupun begitu, Amara selalu menyerukan kepada siswi Madrasah Mu’allimaat agar mengikuti jejaknya untuk tak gentar melanjutkan studi di luar negeri. "Namun, ketika sudah sukses dan berhasil meraih mimpi, jangan lupa untuk kembali ke Indonesia untuk menebar manfaat dan ilmu yang telah didapat”, pesannya dalam sesi akhir wawancara.

Ia juga sempat menceritakan ilmu terbaik yang ia dapatkan selama menuntut ilmu di Madrasah Mu’allimaat, yaitu ilmu kehidupan. "Bagaimana kita harus taat beragama, dan bagaimana kita harus memegang teguh prinsip hidup kita itu adalah hal mendasar yang selalu kuingat sampai sekarang", kenang Amara.

Kepada seluruh siswi-siswi Madrasah Mu’allimaat, Amara juga berpesan agar selalu beristiqomah dalam menjadi muslimah yang selalu memberi berkah kepada orang lain. Serta jangan lupa untuk selalu menebar salam dan kebaikan. Amara juga berharap untuk kedepannya Madrasah Mu’allimaat dapat mengepakkan sayapnya lebih lebar dan lebih luas, serta dapat menjadi pohon yang rindang untuk bernaung.

 

Penulis: Muazanah Zahra Ananda
Editor: LTA