Madrasah Mu’allimaat Sukses Laksanakan Asesmen Nasional Tingkat MTs-MA

  • 06 Okt 2021
  • 201
Madrasah Mu’allimaat Sukses Laksanakan Asesmen Nasional Tingkat MTs-MA

Madrasah Mu’allimaat sukses melaksanakan program ‘Asesmen Nasional’. Asesmen Nasional merupakan program penilaian atau evaluasi terhadap mutu setiap sekolah/ madrasah/ daerah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan yang menjadi penilian adalah hasil belajar peserta didik yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar/ lingkungan belajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Asesmen Nasional yang dilaksanakan di Madrasah Mu’allimaat diikuti oleh peserta didik kelas II (dua) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan kelas V (lima) Madrasah Aliyah (MA), yang telah ditetapkan sebagai peserta Asesmen Nasional oleh Kemendikbud. Pelaksanaan Asesmen Nasional untuk tingkat MA dilaksanakan tanggal 27 s/d 28 September 2021 dan tingkat MTs tanggal 4 s/d 5 Oktober 2021 di Laboratorium Komputer Madrasah Mu’allimaat, Gedung Siti Baroroh Baried.

“Program ini adalah cara pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dalam berbagai hal antara lain memperbaiki lingkungan belajar, metode pembelajaran, evaluasi karakter peserta didik, serta evaluasi kegiatan pembelajaran. Asesmen Nasional ini akan menjadi potret mutu pendidikan di daerah tertentu”, jelas Elpin Eliana, M.Pd., Wakil Direktur 1 Madrasah Mu’allimaat.

Berbagai persiapan dilakukan oleh Madrasah Mu’allimaat dalam rangka program Asesmen Nasional, mulai dari pembentukan panitia pelaksana, penyiapan sarana-prasarana, sert pendampingan psikologi dan bimbingan pengenalan materi Asesmen Nasional kepada peserta didik. Pendampingan secara psikologi dan bimbingan ini menjadi penting dilakukan, karena berkaitan dengan kesiapan secara mental serta peserta didik terbiasa mengenal materi Asemen Nasional.

“Soal-soal asesmen nasional ini sangat berbeda, karena berkaitan dengan literasi, numerasi, survei karakter, dan lingkungan belajar. Pembiasaan dan latihan diharapkan mampu mengantarkan peserta didik siap menghadapi Asesmen Nasional sebagai bagian dari proses pembelajaran dan penilaian”, imbuh Wakil Direktur Bagian Kurikulum Madrsah Mu’allimaat pasca Asesmen Nasional yang telah berjalan lancar. (LTA)