Mu'allimaat Siapkan Shelter Covid-19 Untuk Warga Sekitar

  • 15 Mar 2021
  • 309
Mu'allimaat Siapkan Shelter Covid-19 Untuk Warga Sekitar

Sabtu, 13 Maret 2021 Madrasah Mu’allimaat menyambut kedatangan Wakil Walikota Yogyakarta, yakni Bapak Drs. Heroe Poerwadi, MA. beserta jajaran pemerintahan Kemantren Ngampilan. Kedatangan ini bertujuan untuk meninjau asrama Siti Hafshah milik Madrasah Mu’allimaat yang disipkan sebagai shelter bagi warga sekitar. Pengadaan shelterMadrasah Mu’allimaat Muhammadiyah ini bekerjasama dengan Kemantren Ngampilan, Keluragan dan RW 08.

Madrasah Mu’allimaat adalah sekolah kader yang berkhidmat untuk umat mempunyai program, yakni “Mu’allimaat Peduli Umat”. Di masa pandemi ini melangsungkan kolaborasi dengan warga sekitar dengan ikut serta menyediakan adanya shelter Mu’allimaat. Hal ini pun didukung oleh berbagai pihak di sekitar Madrasah Mu’allimaat, termasuk Wakil Walikota Yogyakarta yang turut berkunjung. Selain itu upaya ini merupakan hasil musyawarah dengan Kemantren dan Kelurahan Ngampilan, agar Mu’allimaat bisa mengadakan shelterbagi warga di wilayah Ngampilan. Karena pada dasarnya, ikhtiar pencegahan pandemi Covid-19 ini tidak bisa dihadapi sendiri-sendiri atau hanya satu lembaga tertentu saja, akan tetapi harus bersatu padu melakukan kolaborasi.

Madrasah Mu’allimaat menyediakan satu shelterCovid-19, yakni dengan memfungsikan salah satu asrama Mu’allimaat bernama Siti Hafshah yang terletak di Jalan Nyai Ahmad Dahlan.  Shelter ini merupakan tempat bagi warga-warga sehat yang rawan terpapar karena anggota keluarga dalam satu rumah yang terkena Covid-19. “Shelter ini berada di wilayah Suronatan RW 08, tepatnya di asrama Siti Hafshah dengan memiliki kapasitas 28 orang. Shelter ini dipergunakan bagi warga sekitar Ngampilan yang memang rumahnya tidak bisa digunakan untuk isolasi mandiri, maka bisa dialihkan ke shelter Mu’allimaat. Apabila ada yang positif Covid-19 di dalam rumahnya, maka anggota keluarga yang lain yang akan dialihkan ke shelterMu’allimaat”, jelas Ibu Agustyani Ernawati, M.Pd., selaku Direktur Madrasah Mu’allimaat pasca kunjungan.

 “Harapannya dengan adanya shelter ini bisa bermanfaat bagi masayarakat pada khusunya dan bisa membantu pemerintah kota, kemantren, dan kelurahan Ngampilan dalam usaha menangani pandemi Covid-19”, imbuh beliau.

Apresiasi diberikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, yakni Bapak Drs. Heroe Poerwadi, MA. setalah melakukan kunjungan di asrama Siti Hafshah. Beliau menuturkan bahwa usaha penanganan penyebaran pandemi ini harus selalu dilakukan, baik dalam lingkup kecil maupun menyeluruh. Langkah yang dilakukan Madrasah Mu’allimaat sudah sangat tepat dalam membantu warga sekitar untuk menyediakan shelter. Selain itu, aktivitas demikian juga akan berdampak baik pada pemerintahan kota pada umumnya terkait kasus Covid-19.

“Ini adalah bagian dari upaya kita semua, terutama dari masyarakat, terkhusus dari Madrasah Mu’allimaat untuk ikut serta membantu masyarakat dan pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan menyediakan tempat isolasi. Asrama ini telah memenuhi syarat dan bisa dipakai untuk shelter, sehingga dengan adanya shelter dari Mu’allimaat ini merupakan bagian dari upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19”, ujar Bapak Drs. Heroe Poerwadi, MA. ketika diwawancarai di asrama Siti Hafshah.

Shelterini merupakan alternatif terakhir ketika angka Covid-19 melonjak dan bisa dijadikan tempat isolasi mandiri bagi warga yang sehat di daerah Ngampilan khususnya dan masyarakat kota Yogyakarta pada umumnya. Hal tersebut senada dengan penyampaian dari Ibu Endah Dwi Dinyastuti, SE., MM., Mantri Pamong Praja (MPP) Kemantren Ngampilan yang turut hadir mengunjungi shelterCovid-19 dari Mu’allimaat. “Yang pertama, semoga Covid-19 tidak bertambah di kota Yogyakarta. Hanya kami sebagai pengampu wilayah Kemantren Ngampilan menyiapkan tempat apabila terjadi sesuatu yang tidak bisa di ampu oleh shelter kota. Jadi setiap wilayah kita di Ngampilan ini harapannya siap untuk memberikan fasilitas kepada warga yang sehat dan rawan terpapar Covid-19”, tutur beliau di asrama Siti Hafshah.

Ucapan terimakasih juga turut dilontarkan oleh pengampu kebijakan di wilayah RW 08. Beliau adalah Bapak H. Muhammad Fauzi Nur yang merupakan Ketua RW 08. “Alhamdulillah ada satu dari upaya kita bersama, yakni Madrasah Mu’allimaat yang mengantisipasi keterlanjutan wabah ini. Kami sangat berterima kasih kepada Mu’allimaat karena telah mengupayakan adanya sheltersehat Covid-19. Ikhtiar ini adalah bagian dari usaha kita untuk bisa meminimalisasi angka penularan dan tambahan tempat isolasi yang selama ini mengalami kekurangan”, jelas beliau. (LTA)