PR IPM Mu’allimaat: Keterampilan Digitalisasi Merupakan Kebutuhan Primer

  • 10 Jul 2021
  • 227
PR IPM Mu’allimaat: Keterampilan Digitalisasi Merupakan Kebutuhan Primer

Kemampuan digital akan menjadi kebutuhan primer di masa yang akan datang. Mengapa demikian? Mengingat sekarang ini penyebaran dan perkembangan zaman sudah didominasi oleh media digital, sudah barang tentu jika seluruh manusia akan membutuhkan keterampilan tersebut. Begitulah pernyataan Ketua Umum PR IPM Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Ipmawati Fatma Latifah Isnawati atau familiar dipanggil Ipmawati Isna pasca acara ‘Pelatihan Desain Grafis’.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk masa depan. Bisa dilihat saja, sekarang ini sudah serba digital, misalnya di Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Orang-orang menyebarkan info agar terlihat menarik dan simpel, sehingga pembaca lebih meresapi. Menurut saya, keterampilan digitalisasi sangat dibutuhkan di masa mendatang dan akan menjadi kebutuhan primer”, ulas Ipmawati Isna pasca pelatihan desain grafis yang bertema “Create your amazing design with figma!”.

Pelatihan ini dilangsungkan secara online, pada hari Senin, 5 Juli 2021 bersama pemateri bernama M. Akhsan Hakiki, merupakan mahasiswa Tenik Informatika Universitas Negeri Malang. Agenda pelatihan ini merupakan program kerja dari Bidang Kewirausahaan PR IPM Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang dibuka secara umum. Berbagai angkatan kelas hadir untuk menambah wawasan berkaitan dengan keterampilan desain grafis.

Menurut Ipmawati Isna, acara ini diadakan atas tiga alasan; Pertama, melatih skill tentang editing dan pengetahuan baru untuk anggota PR IPM Mu’allimaat. Kedua, dibuka secara umum untuk seluruh santriwati Madrasah Mu’allimaat sebagai perantara mengembangkan bakat dan melakukan branding media organisasi. Ketiga,menambah wawasan digitalisasi media masa.

Akhsan Hakiki berbagi materi tentang ulasan aplikasi desain bernama figma. Diawali dengan penjelasan secara umum mengenalkan figma, dilanjutkan dengan pemaparan tips-tips dasar skill editing. Sesi pelatihan diakhiri dengan praktik membuat postingan instagram melalui website editing figma yang didampingi secara langsung oleh narasumber.

Keterampilan digitalisasi sangat diperlukan untuk pelajar dan generasi penerus bangsa kedepan. Pasalnya, segala aktivitas manusia akan beralih ke media digital, mulai dari aktivitas memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga berinteraksi sosial. Bagi pelajar yang sedang berproses di organisasi, pengetahuan tentang keterampilan digital sangat bermanfaat untuk melakukan branding dan berbagi informasi dengan cara yang lebih menarik serta tidak menimbulkan efek bosan bagi pembacanya.

“Pelatihan desain grafis ini sangat penting menurut saya, karena pastinya wawasan akan bertambah, misalnya tentang dasar-dasar desain grafis. Untuk teman-teman organisasi santri, pasti sangat bermanfaat untuk meningkatkan branding di media sosial”, ujar Ketua Umum PR IPM Mu’allimaat. (LTA)