...

Alumni Lintas Angkatan Mu’allimaat Muhammadiyah Gelar Kajian Songsong Ramadan 1443 H

Alumni lintas angkatan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan pengajian songsong Ramadan 1443 H pada hari Rabu, 30 Maret 2022. Pengajian dilaksanakan secara blended, bertempat di Aula Gedung Siti Munjiyah dan disiarkan secara online melalui zoom meeting.

Agenda ini merupakan kajian yang dilaksanakan secara bulanan, termasuk dalam serangkaian KALAMM (Kajian Alumni Lintas Angkatan Mu’allimaat Muhammadiyah). Pengajian songsong Ramadan yang dilaksanakan kali ini mengusung tema, “Ramadan bulan ibadah untuk menjemput kemenangan dunia dan akhirat”, dengan menghadirkan sosok alumni sebagai narasumbernya, yaitu Dra. Hj. Cholifah Syukri, M.SI.

Forum ini merupakan tempat belajar bersama memperbaiki aqidah, menguatkan keimanan untuk menuju keseimbangan dunia dan akhirat. Dikemas dengan cara yang menarik melalui sharing, caring, dan networking. Berbagai angkatan hadir secara offline dan bergabung secara online dari seluruh daerah di Indonesia.

Unik Rasyidah, M.Pd., selaku Direktur Mu’allimaat memberikan apresiasi kepada seluruh alumni yang turut serta. Beliau kembali mengingatkan tentang peran alumni kepada almamaternya, bahwa madrasah ini adalah madrasah yang luar biasa. Menjadi beban yang berat, karena madrasah ini lahir dari rahim Muhammadiyah sehingga amanah ini harus terus di emban.

“Sebagai alumni harus merasa menjadi core of the core persyarikatan Muhammadiyah. Karena madrasah ini bukan menjadi satu-satunya, jika tidak melakukan inovasi maka akan tergerus di tengah pergolakan zaman. Melalui momen inilah saatnya untuk memperkuat ukhuwah”, tutur Unik Rasyidah, M.Pd.

Dra. Hj. Cholifah Syukri, M.SI. merupakan alumni Madrasah Mu’allimaat angkatan 1994 dan saat ini beliau berperan sebagai Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Aisyiyah. Beliau yakin bahwa Madrasah Mu’allimaat adalah tempat pembinaan yang merupakan kawah candradimuka. Alumni Mu’allimaat mendahulukan aspek ilmu. Peningkatan keilmuan yang dilakukan untuk menggodok calon-calon ulama, yakni ulama perempuan muslim. Tidak hanya penguatan keilmuan saja, santriwati diharuskan berperan di ranah sosial misalnya dengan mengikuti kegiatan Mubaligh Hijrah.

Tugas alumni yang utama adalah mengurus rumah tangga ketika sudah menikah. Meskipun berprofesi dan berperan di ranah publik, tetapi tugas utama adalah menjadi pendamping suami dan turut membantu rumah tangga.

“Kembangkan keterampilan dan memberikan solusi dari berbagai persoalan, itulah tugas dan kapasitas alumni Mu’allimaat untuk masyarakat”, ulas Dra. Hj. Cholifah Syukri, M.SI.

Dra. Hj. Cholifah Syukri, M.SI. menegaskan bahwa datangnya bulan Ramadan adalah bulan integrasi ibadah, yakni ibadah mahdoh. Ibadah ini memadukan antara kecerdasan emosi dan kesabaran. Ibadah lainnya adalah menghafal Al Qur’an. Menghafal Al Qur’an merupakan langkah untuk meningkatkan kecerdasan kognitif, psikomotor, dan sosial. Tiga aspek tersebut merupakan syarat untuk maningkatkan kualitas diri. (LTA)

 

Berita Terbaru Lainya
-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Copyright © Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakata (2022)