...

APEL AWAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025 DAN PEMBUKAAN FORTASI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Apel Awal Tahun Pelajaran 2024/2025 dan Pembukaan FORTASI (Forum Orientasi) untuk kelas I Tahun Pelajaran 2025/2025. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 6 Juli 2024 di Halaman Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Apel tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas I, II, III, IV, V dan VI, guru serta karyawan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. FORTASI merupakan forum yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik baru untuk mengenal lingkungan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Tema dari FORTASI kali ini adalah ‘Walidah Muda, Pemrakarsa Generasi Gemilang, Pilar Emas Peradaban’.

Pada sambutannya, Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta memberikan ucapan selamat datang dan menyampaikan pesan di awal tahun pelajaran baru ini. Ada beberapa perubahan di tahun pelajaran baru ini, mulai dari perubahan ruang kelas, perpindahan letak perpustakaan, dan hadirnya program kelas untuk mewadahi potensi peserta didik turut mewarnai juga.

“Selamat datang di pusat peradaban muda Islam. Program kelas dihadirkan untuk ikhtiar bersama dalam menampung seluruh potensi minat dan bakat peserta didik. Semua peserta didik memiliki potensi. Apapun programnya, itu pasti memiliki potensi yang terbaik. Agar semua potensi itu ditampung sebaik-baiknya. Sehingga harus percaya diri dengan potensi yang dimiliki”, ulas Unik Rasyidah, M.Pd.

Program kelas untuk kelas I, II, III, dan IV antara lain: Kelas Olimpiade MIPA, IPS-Kebumian, Dirasah Islamiyah, Seni dan Olahraga, serta Riset dan Teknologi. Sedangkan kelas V dan VI berbeda, yakni program kelas Sains, Kedokteran dan Kesehatan, kelas Sains dan Humaniora, kelas Keagamaan dan Dirasah Islamiyah, kelas Teknik dan Rekayasa, dan program kelas Kedinasan. 

“Ada namanya jiwa resiliensi, yakni kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan mampu bangkit dari kesulitan. Jiwa ini harus diasah, di Mu’allimaat tempat untuk mengasah jiwa resiliensi tersebut. Sebagai sebuah pembelajaran untuk hidup dengan mental-mental yang kuat untuk menghadapi kehidupan yang penuh perjuangan”, lanjut beliau.

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta telah diberikan penghargaan pesantren perempuan ramah anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI. Dengan penghargaan tersebut, semua program dan proses yang berjalan di Madrasah Mu’allimaat berorientasi ramah anak, termasuk kegiatan FORTASI yang berlangsung. Tidak ada senioritas dan tidak ada perundungan. Madrasah Mu’allimaat tidak mentoleransi perundungan baik fisik maupun lisan. Konsep toleransilah yang harus dibangun bersama.

“Selamat FORTASI semoga Allah meyakinkan kepada santriwati mampu berproses selama 6 tahun. Jadilah anak yang kuat dan jangan jadi anak yang loyo”, pungkas Unik Rasyidah, M.Pd. (LTA)

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2024