...

EDUCATION TRIP: KELAS INTERNASIONAL MADRASAH MU’ALLIMAAT KUNJUNGI KAMPUNG INGGRIS JOGJA

Mu’allimaat International Class Program (M-ICP) Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melakukan serangkaian Education Trip (Edutrip). Edutrip pertama bertempat di American Corner UMY, dan dilanjutkan kunjungan kedua yang dilangsungkan di Kampung Inggris Jogja pada hari Jumat, 3 Juni 2022.

Terdapat dua sesi pada kunjungan kali ini, yakni speaking dan pronunciation. Sesi speaking di pandu oleh tutor bernama Mr. Samasiun dan materi pronunciation dibawakan oleh Mr. Amar. Hal yang membedakan pada sesi materi tersebut adalah terletak pada metode dan proses pembelajarannya yang berbeda. Tutor memberikan materi dengan cara lebih menarik yang dikemas melalui games.

Dewi Nur Hayati Armawangsari, S.Pd. atau familiar dipanggil Miss Nams, melihat peserta sangat antusias, karena peserta mendapatkan sesuatu yang baru. Miss Nams berharap semoga serangkaian kegiatan di Kampung Inggris Jogja bisa terbawa atmosfernya, mengamalkan apa saja yang sudah didapatkan di Kampung Inggris Jogja dan diterapkan di asrama agar nantinya pembiasaan bahasa di asrama segera terwujud.

Dwi Setiyawan, M.Pd., Kepala Urusan Internasional Madrasah Mu’allimaat menyampaikan ada beberapa poin yang melatarbelakangi agenda ini berlangsung, antara lain: sebagai bentuk outing class agar peserta didik mempunyai referensi lain untuk melakukan pembelajaran; otak semakin fresh; meningkatkan kemampuan reading, listening, speaking, dan writing; dan peserta didik dapat termotivasi berlajar Bahasa Inggris; serta mempunyai kesadaran sendiri dalam belajar Bahasa Inggris.

Tujuan dari kunjungan ini adalah menumbuhkan motivasi dan cinta berbahasa Inggris, meningkatkan learning agility, meningkatkan kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris dan mampu mengekpresikan ide dalam Bahasa Inggris. Sebanyak 32 peserta didik dari M-ICP Kelas II/VIII Madrasah Mu’allimaat sangat antusias dan berterimakasih karena telah difasilitasi oleh Madrasah Mu’allimaat untuk berkunjung ke Kampung Inggris Jogja.

“Kampung Inggris Jogja dipilih sebagai tempat belajar karena metode yang digunakan menarik dan sudah terjamin dalam belajarannya yang menyenangkan. Harapan dari kegiatan ini antara lain: peserta didik termotivasi dari diri sendiri, mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, refreshing kegiatan pembelajaran, dan mendapatkan pembelajaran dengan metode terbaru, sehingga bisa mengimplementasikan dalam kehidupan masing-masing”, ucap Dwi Setiyawan, M.Pd, disela kegiatan.

Kampung Inggris Jogja sudah berdiri sejak tahun 2010 yang berfokus di kelas reguler. Tempat belajar ini terus melakukan terobosan baru dengan sistem asrama sejak 2018. Aktivitas secara umum adalah program pembelajaran dari pagi hingga sore dan tambahan setelah waktu subuh serta setelah maghrib. Terdapat juga sesi listening untuk meningkatkan ketajaman peserta dalam mendengar kalimat Bahasa Inggris.

“Hari aktif di Kampung Inggris Jogja ini adalah hari Senin-Jumat. Setiap dua minggu sekali di hari Sabtu dan Ahad diadakan speech contest dan hunting tourist. Sistem di Kampung Inggris Jogja ini mengadopsi Kampung Inggris di Pare, dengan 11 tutor yang berasal dari sana”, ulas Dewi Nur Hayati Armawangsari, S.Pd., selaku Humas dan Admin Kampung Inggris Jogja. (LTA)

 

Berita Terbaru Lainya
-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Copyright © Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakata (2022)