...

FORTASI 2023 MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, CREATES GENIAL CADRE OF GOLDEN ERA MUHAMMADIYAH

FORTASI (Forum Orientasi) Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2023 sukses diselengggarakan bersamaan dengan apel tahun ajaran baru. Acara ini berlangsung selama 5 hari, dimulai tanggal 15 – 18, dan 23 Juli 2023. Pembukaan FORTASI dilakukan secara simbolik oleh Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Unik Rasyidah, M.Pd. berupa pemukulan gong dan penyematan co-card peserta dan panitia. Kemudian disusul dengan pelesatan anak panah oleh Khairani Perlita, kader tingkat 3. FORTASI 2023 kali ini mengusung tema “Genial Cadre Creates a Moral Generation The Beginning of Golden Era Muhammadiyah”.  Diharapkan FORTASI 2023 dapat membentuk seorang kader atau penerus yang cerdas dalam berpikir (genial), berkreasi (creates) dan berakhlak, demi mendukung aksi Muhammadiyah membentuk kader emas.

Pembukaan FORTASI setiap harinya dibuka dengan special performance berturut-turut. Penampilan spesial tersebut berupa drama musikal organisasi santri (organtri), Showing Our Queen of FORTASI, serta beragam penampilan ekstrakurikuler. Keseluruhan penampilan ini bertujuan untuk mengenalkan dunia organisasi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta serta beragam ekstrakulikuler yang selaras dengan minat dan bakat siswi sebagai bentuk motivasi untuk menjalani proses pendidikan 6 tahun di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang dikemas secara menarik.

FORTASI 2023 memberikan banyak pembelajaran bagi para peserta didik baru sebagai bekal mendasar dan langkah awal menjalani dinamika kehidupan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Materi yang diperoleh berupa Materi Keislaman, Kemuhammadiyahan, Kemu’allimaatan, Ke-IPM-an, Life Skill, Psikologi Remaja, dan materi-materi lainnya. Sesi materi diisi oleh pemateri-pemateri yang luar biasa dan kerap diselingi games atau ice breaking dari panitia. Setelah sesi materi terdapat sesi SGD (Small Group Dicussion) bersama teman-teman kelompok dan kakak fasilitator.

Hari terakhir FORTASI diadakan rihlah dan outbound di desa wisata Pulesari, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rihlah ini bertujuan untuk refreshing setelah agenda FORTASI yang sangat padat. Di desa Pulesari, para peserta FORTASI bermain games dan susur sungai yang diisi banyak wahana air. Tak lupa, peserta FORTASI turut diajarkan cara membuat dodol salak, salah satu makanan khas dari desa Pulesari. Selesai bermain wahana dan memasak dodol, seluruh peserta dan panitia FORTASI berkumpul di pendopo central untuk sesi pengumuman dan penutupan. Di sesi pengumuman dibacakan penghargaan yang diberikan kepada peserta. Diantaranya penghargaan Queen of FORTASI 2023 yang diraih oleh Hamiza Lutfia dan tiga kelompok terbaik.

Sekitar tiga minggu setelah agenda FORTASI, PD IPM Kota Jogja mengadakan ajang bergengsi yakni IPM Got Talent (IGT). Acara IGT ini dilaksanakan pada 12-13 Agustus 2023 di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan PAY Putra Taman Siswa. Diadakan berbagai lomba yang sangat menarik, diantaranya IGT, tepak bulu (bulu tangkis), gobak sodor, ranking 1, dan CCA. Para peserta dan panitia FORTASI Mu’allimaat tidak boleh melewatkan kesempatan berharga ini. Setelah berlatih kurang lebih satu minggu, FORTASI Mu’allimaat menampilkan sebuah drama musikal diajang IGT. Drama musikal ini mencangkup storytelling, menyanyi, menari, membaca puisi, tapak suci yang didasarkan oleh cerita dongeng sehingga penonton serasa memasuki dunia dongeng.

Alhamdulillah, FORTASI Mu’allimaat meraih banyak juara, yaitu Juara III Tepak Bulu, Juara I CCA, Juara I Gobak sodor, dan Juara I IGT. Dari banyaknya juara yang diraih, tidak heran apabila FORTASI Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dinobatkan sebagai FORTASI terbaik oleh PD IPM Jogja pada 19 Agustus 2023.

“Muktamar Muhammadiyah ke-48 mengusung tema Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta, di mana generasi penerus bangsa dan kader persyarikatan harus memiliki kepribadian yang cerdas dan bermoral, supaya proses perjalanan kaderisasi 6 tahun yang berkelak kelok kita hadapi dengan perkaderan menyenangkan, wujudkan pelopor perempuan berkemajuan di era Muhammadiyah mendatang. Kader pemimpin perempuan putri Islam yang dapat bersinar terang, bermanfaat untuk umat, seperti halnya aksk Muhammadiyah mencerahkan semesta. Petualangan baru, perkaderan yang menggembirakan dengan seribu cerita dan cita akan dimulai teman-teman sekalian. Prepare Yourself For A Great 6 Years Moments,” kutipan Ketua FORTASI 2023, Ipmawati Akhila Putri.

 

Ditulis oleh: Fafa Sabila (Kader Tingkat 5)

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2024