...
Jejak Langkah Adib Sofia: Perempuan Akademis Sejak di Bangku Madrasah

Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum lahir di Yogyakarta, 15 Januari 1978. Setelah lulus dari Jurusan Sastra Indonesia UGM di tahun 2002, ia mendapat beasiswa penuh dari Ford Foundation untuk melanjutkan Studi S2 di UGM. Tahun 2006, ia melanjutkan studi S3 di UGM dengan konsentrasi di bidang Filologi atas beasiswa Kemendikbud RI.

Sejak tahun 2006, beliau sudah menjadi dosen tetap di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk beberapa mata kuliah. Hingga saat ini, beliau menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Ia sempat diamanahi sebagai Pengelola ‘Suka News’ UIN Sunan Kalijaga (2009), Pengurus Direktorat Admisi, Promosi, dan Kerjasama Internasional UIN Sunan Kalijaga (2009), Pengelola Jurnal Al-Quran dan Hadis Fakultas Ushuluddin, Studi Agama dan Pemikiran Islam (2011-2013), serta menjadi Ketua Program Studi Sosiologi Agama di tahun 2015-2020.

Alumni tahun 1996 ini, memang sudah terlihat aktif sejak di Madrasah Mu’allimaat. Bahkan saat ditanya, momen apa yang paling berkesan selama ada di Madrasah Mu’allimaat, ia menjawab kegiatan yang bisa memberi kesempatan untuk tampil. Kegiatan yang dimaksud seperti, TETA (Temu Anggota) dan berorganisasi di PPMMM. Ia bahkan mempunyai target kalau namanya harus disebut oleh MC, misalnya tampil berpidato, memerankan drama, main musik, mengikuti paduan suara, bahkan penerima penghargaan tiga besar juara kelas, dll.

Menurutnya, Mu’allimaat memiliki peranan penting di dalam kehidupannya. Semua sosok yang ada di madrasah dengan kekhasannya sendiri, dari guru, karyawan, pelatih pramuka, TS, office boy, penjaga kantin, satpam, pamong asrama, keluarga pamong asrama, semua berpengaruh, membentuk kepribadiannya selama di Madrasah Mu'allimaat, baik dari sisi kompetensi profesional (sebagai calon pendidik dan pemimpin putri Islam), kompetensi sosial, serta kompetensi lainnya.

Sosok satu ini juga tak pernah bosan untuk terus belajar hal-hal baru. Ia aktif menulis untuk media massa. Bahkan dari tahun 2001 hingga sekarang, mantan redaksi majalah Pelita ini aktif di Suara ‘Aisyiyah dengan jabatan tertinggi sebagai Pemimpin Redaksi. Beberapa buku yang ditulis oleh beliau, diantaranya Feminisme dan Sastra (2003, 2007); Aplikasi Kritik Sastra Feminis (2009); Metode Penulisan Karya Ilmiah (2017, 2019); Sisi lain Nuruddib Ar-Raniri: Kritik Filologis Spriritualitas Nusantara; dan beberapa buku yang ia tulis dengan penulis lain. 

Di antara kesibukkannya, ia juga menyempatkan untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Ia tetap menyanggupi beberapa forum untuk menjadi narasumber, berpartisipasi pada forum nasional maupun internasional, memberi pelatihan menulis, dan juga mengisi acara keagamaan di stasiun TVRI dan ADiTV.

Tentu, dengan segala pencapaian yang telah diraih oleh Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum ini hendaknya menjadikan pelajaran dan sosok yang menginspirasi untuk para siswi-siswi ataupun alumni Madrasah Mu’allimaat agar terus mau belajar hal baru dan selalu aktif di berbagai bidang.

“Jangan membiarkan hidup kita ditentukan oleh orang lain. Goal of Life harus kita susun sejak usia remaja, sehingga kita bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menggapai kesuksesan”, begitu pesan yang ia sampaikan.

 

 

Penulis: Nadhifah Azhar
Editor: LTA

Berita Terbaru Lainya
-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Copyright © Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakata (2021)