...

KUNJUNGAN SMK SULTANAH ASMA MALAYSIA, MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA AJARKAN BUDAYA MEMBATIK

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mendapat kunjungan internasional dari Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Sultanah Asma, Kedah, Malaysia. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa, 23 Januari 2024 di Aula Prof. Siti Baroroh Baried untuk acara pembukaan dan di Rooftop Gedung Siti Munjiyah untuk melakukan kegiatan membatik.

Kegiatan kunjungan diikuti oleh 37 siswi dan 8 guru dari SMK Sultanah Asma Malaysia, dan disambut oleh jajaran pimpinan dan kepala urusan, serta perwakilan peserta didik Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogayakarta. Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan penyampaian sambutan, pertunjukan seni dari peserta didik, dilanjutkan sharing session dan diakhiri dengan kegiatan membatik. Membatik yang dilakukan ini terdiri dari dua jenis teknik membatik, yakni batik tulis dan sibori. Kedua teknik membatik itu diajarkan kepada seluruh tamu yang terbagi menjadi dua kelompok. Hiburan yang ditampilkan antara lain: menyanyi dan menari Tarian Ratoe Jaroh dari peserta didik Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, serta penampilan tarian modern dan choral speech dari peserta didik SMK Sultanah Asma.

Unik Rasyidah, M.Pd., selaku Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menyambut gembira kedatangan tamu dari negeri tetangga ini. Beliau mengenalkan sejarah Mu’allimaat beserta keunggulan-keunggulannya.

“Selamat datang di Mu’allimaat. Sekolah kita memiliki dua kesamaan, yang pertama sama-sama sekolah berusia ratusan tahun. Mu’allimaat 105 tahun sedangkan SMK Sultanah Asma 102 tahun. Kesamaan kedua adalah semua peserta didiknya adalah perempuan”, ucap Unik Rasyidah, M.Pd. pada acara pembukaan.

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta juga akan mengirimkan beberapa santriwatinya untuk mengikuti kegiatan Mubaligh Hijrah di negera Malaysia dan negara Thailand. Upaya ini adalah proses internasionalisasi kader Muhammadiyah dalam dakwah global.

Pimpinan SMK Sultanah Asma, MDM. Balkis Binti Nordin, pada acara pembukaan menuturkan bahwa beliau sangat mengimpikan hadir di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah berkolaborasi bersama di tahun 2023 dalam acara ‘International Student Forum’.

“SMK Sultanah Asma adalah sekolah untuk anak-anak bangsawan di bawah Kementerian Pendidikan Malaysia dan mendapatkan penghargaan sekolah prestasi tinggi di Malaysia. Anak-anak yang bersekolah di sini adalah anak yang terpilih. Senang sekali bisa hadir di sini dan belajar tentang budaya membatik”, pungkas beliau. (LTA)

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2024