Berlangsungnya pembelajaran tatap muka terbatas merupakan tanggung jawab bersama, baik dari lembaga pendidikan tersendiri, pemerintahan setempat, dan masyarakat sekitar. Sehingga perlu adanya pengawasan dari berbagai pihak untuk kebaikan bersama. Baik pengawsan dalam hal kebijakan dari lembaga pendidikan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di kelas, dan penjagaan protokol kesehatan.
Salah satu lembaga yang berperan dalam proses pengawasan adalah Lembaga Ombudsman (LO). Ombudsman adalah lembaga negara dengan kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Pelayanan ombudsman adalah diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk badan usaha milik negara, milik daerah, dan badan hukum milik negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan atau anggaran pendapatan dan belanja daerah.
“Mindset tentang lembaga ini yang hanya mengurusi pengaduan-pengaduan harus diluruskan. Warga masyrakat harus mengetahui bahwa ada fungsi pengawasan didalamnya”, ujar Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M., Ketua LO DIY.
Madrasah Mu’allimaat menerima kunjungan dari LO DIY pada hari Rabu, 27 Oktober 2021, bertempat di Aula Gedung Munjiyah. Pengurus LO DIY yang hadir berjumlah tiga orang, yakni Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M. (Ketua), Abdullah Abidin, S.Sos. (Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta), dan Suwartono, S.H., M.H. (Wakil Ketua Bidang Apartur Pemerintah Daerah). Selin itu juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan perwakilan dari MCCC PP Muhammadiyah.
Proses pengawasan dilaksanakan dengan mengunjungi berbagai tempat yang ada di lingkungan Madrasah Mu’allimaat, mulai dari ruang kelas dan berbegai fasilitas pendukung lainnya. Menurut Ketua LO DIY, Madrasah Mu’allimaat sudah sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Diawali dari kedatangan dengan memasuki bilik ozon, memakai co-card penanda, dan menerapkan jalur satu arah.
“Madrasah Mu’allimaat sudah sangat siap melakukan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang semestinya. Kepada seluruh orang tua di manapun berada, jangan merasa khawatir untuk mengizinkan anaknya untuk hadir di sekolah-sekolah”, sambung Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta LO DIY.
Ada tiga hal yang menjadi poin penting dalam kunjungan LO DIY di Madrasah Mu’allimaat menyoroti pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi, yakni pelaksanaan protokol kesehatan, penyediaan sarana prasarana, dan kebersihan lingkungan. Berdasarkan tiga poin di atas, Madrasah Mu’allimaat sudah sangat siap melakukan proses pembelajaran tatap muka terbatas. (LTA)
Studi Inspirasi Majelis Dikdasmen Dan Pnf Pdm Kudus Di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
2025-11-14 05:10:23
Studi Tiru Ipm Smp Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (dimsa) Ke Pr Ipm Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah
2025-11-13 11:55:01
Pamong Dan Musyrifah Asrama Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Perdalam Tentang Sekolah Sehat Jiwa (ssj)
2025-11-10 14:37:01
Student Exchange Siswi Kelas Internasional Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Dengan Sis (semarang Intercultural School)
2025-11-07 08:58:37
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Semarak Haflatul Maktabah Tahun 2025
2025-11-03 15:18:47
Wujudkan Kader Tangguh, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Adakan Pelatihan Peer Counseling Dan Leader Camp
2025-11-03 10:14:19
Launching Logo, Theme Song, Dan Agenda Milad Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ke-107
2025-11-01 16:42:24
In-house Training Tim Sekolah Sehat Jiwa (ssj) Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
2025-11-01 14:33:43
Sosialisasi Dan Edukasi Sekolah Sehat Jiwa (ssj) Kepada Seluruh Siswi Mts Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
2025-10-28 14:21:33
Review Buku Sejarah Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
2025-10-21 15:09:26
Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta
Kontak Lengkap :
Menu Navigasi :