...
Lembaga Ombudsman DIY Nilai Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Madrasah Mu’allimaat

Berlangsungnya pembelajaran tatap muka terbatas merupakan tanggung jawab bersama, baik dari lembaga pendidikan tersendiri, pemerintahan setempat, dan masyarakat sekitar. Sehingga perlu adanya pengawasan dari berbagai pihak untuk kebaikan bersama. Baik pengawsan dalam hal kebijakan dari lembaga pendidikan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di kelas, dan penjagaan protokol kesehatan.

Salah satu lembaga yang berperan dalam proses pengawasan adalah Lembaga Ombudsman (LO). Ombudsman adalah lembaga negara dengan kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Pelayanan ombudsman adalah diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk badan usaha milik negara, milik daerah, dan badan hukum milik negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan atau anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Mindset tentang lembaga ini yang hanya mengurusi pengaduan-pengaduan harus diluruskan. Warga masyrakat harus mengetahui bahwa ada fungsi pengawasan didalamnya”, ujar Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M., Ketua LO DIY.

Madrasah Mu’allimaat menerima kunjungan dari LO DIY pada hari Rabu, 27 Oktober 2021, bertempat di Aula Gedung Munjiyah. Pengurus LO DIY yang hadir berjumlah tiga orang, yakni Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M. (Ketua), Abdullah Abidin, S.Sos. (Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta), dan Suwartono, S.H., M.H. (Wakil Ketua Bidang Apartur Pemerintah Daerah). Selin itu juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan perwakilan dari MCCC PP Muhammadiyah.

Proses pengawasan dilaksanakan dengan mengunjungi berbagai tempat yang ada di lingkungan Madrasah Mu’allimaat, mulai dari ruang kelas dan berbegai fasilitas pendukung lainnya. Menurut Ketua LO DIY, Madrasah Mu’allimaat sudah sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Diawali dari kedatangan dengan memasuki bilik ozon, memakai co-card penanda, dan menerapkan jalur satu arah.

“Madrasah Mu’allimaat sudah sangat siap melakukan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang semestinya. Kepada seluruh orang tua di manapun berada, jangan merasa khawatir untuk mengizinkan anaknya untuk hadir di sekolah-sekolah”, sambung Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta LO DIY.

Ada tiga hal yang menjadi poin penting dalam kunjungan LO DIY di Madrasah Mu’allimaat menyoroti pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi, yakni pelaksanaan protokol kesehatan, penyediaan sarana prasarana, dan kebersihan lingkungan. Berdasarkan tiga poin di atas, Madrasah Mu’allimaat sudah sangat siap melakukan proses pembelajaran tatap muka terbatas. (LTA)


Berita Terbaru Lainya
-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Copyright © Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakata (2021)