...

Madrasah Mu’allimaat Gelar Pengajian Songsong Ramadan 1443 H Mengundang Ustadz Bachtiar Nasir

Madrasah Mu’allimaat sambut bulan Ramadan dengan menghadirkan sosok ulama besar, yakni Ustadz Bachtiar Nasir, Lc., M.M. Pengajian songsong Ramadan diadakan secara online pada hari Kamis, 31 Maret 2022 dibuka untuk seluruh elemen Madrasah Mu’allimaat dan masyarakat pada umumnya.

Tema yang diambil dari pengajian ini adalah “Dahsyatnya Al Qur’an”. Terdapat tiga pembahasan, yakni menanamkan kecintaan terhadap Al Qur’an, Al Qur’an sebagai jalan kehidupan dan kisah-kisah inspiratif tentang anak muda yang mencintai Al Qur’an.

Unik Rasyidah, M.Pd., selaku Direktur Madrasah Mu’allimaat menuturkan bahwa pengajian songsong ini untuk menyambut Ramadan yang suci untuk beramal lebih banyak. Seluruh warga Mu’allimaat dan masyarakat umumnya bisa memanfaatkan momentum dengan baik. Tema yang dipilih untuk mendidik anak-anak dengan Al Qur’an. Sehingga kekuatan Al Qur’an bisa mempengaruhi hidup manusia. Pada era disruption ini, dunia mengalami perubahan sangat siginifkan. Perubahan tersebut akan berpengaruh terhadap konsep pendidikan, dan sebagai pendidik harus bisa mengarahkan anak-anak agar mampu terdidik sesuai zamannya.

“Kajian ini untuk meyakinkan kembali dalam rangka mencintai Al Qur’an dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Menanamkan kecintaan Al Qur’an sebagai jalan hidup nantinya. Al Qur’an harus dipegang erat di dalam hati manusia”, ucap Unik Rasyidah, M.Pd., ketika sambuatn.

Al Qur’an adalah kitab suci umat Islam sekaligus petunjuk yang tidak ada keraguan di dalamnya bagi umat manusia di jagat raya ini. Al Qur’an juga sebagai mukjizat Allah SWT untuk umat Islam guna memperbaiki seluruh tatanan kehidupan dan berbuat kebaikan terhadap sesama.

Banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh seseorang yang mencintai Al Qur’an dengan selalu membacanya dan kemudian mengamalkan isinya. Begitu dahsyat keutamaan Al-Qur’an, ia akan datang sebagai penolong kelak di hari akhir bagi orang yang selalu membacanya. Begitu dahsyat keutamaan Al-Qur’an, karena ia adalah obat mujarab bagi kegalauan hati umat manusia. Begitu dahsyat keutamaan Al-Qur’an, hingga kita akan dikenakan mahkota surga jika sang anak berhasil menghafalnya. Sebaliknya, sebagai orang tua juga akan dihadiahi mahkota itu jika sang anak berhasil menghafalnya.

Sangat beruntung jika seluruh manusia memahami dan mencintai dahsyatnya kandungan Al Qur’an. Lebih-lebih jika manusia selalu melibatkan Al Qur’an dalan seluruh aktivitas kehidupan dan meletakkan dekat dengan hati sanubarinya. Akhirnya, manusia dapat menjadikan Al Qur’an sebagai way of life (jalan hidup) dan petunjuk hidup umat Islam.

Ustadz Bachtiar Nasir, Lc., M.M. menuturkan bahwa bulan Ramadan adalah bulan Al Qur’an. Dikatakan gagal dalam bulan Ramadan apabila Al Qur’an tidak difungsikan dengan baik. Menurut beliau, terdapat tiga fungsi Al Qur’an di bulan Ramadan yang juga dijelaskan dalam Q.S. Al Baqarah ayat 185, yakni petunjuk bagi manusia, sebagai keterangan nyata, dan pembeda antara yang haq dan yg bathil dengan pembedaan yang sangat terang.

“Fungsi qiyam dan shiyam di bulan Ramadan, agar Al Qur’an mudah terinstal di siang hari dengan shiyam dan mudah terinstal di malam hari dengan qiyam.”, tegas Ustadz Bachtiar Nasir, Lc., M.M.

Al Qur’an dengan kesempurnaannya, maka bisa dipatikan jika seluruh umat manusia memahami isi kandungan dan mengamalkan dalam kehidupan. Sehingga seterusnya Al Qur’an bisa dijadikan jalan hidup (way of life) dengan menanamkan kecintaan padanya. (LTA)

 

Berita Terbaru Lainya
-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Copyright © Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakata (2022)