...

ORGANISASI SANTRI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA IKUTI PELATIHAN COPYWRITING OPTIMALKAN PERAN DAKWAH MEDIA SOSIAL

Organisasi Santri (Oragntri) Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta periode 2024/2025 mengikuti Jurnalistik Camp dengan materi ‘Copywriting’ dengan pemateri Rizka Almira Amalia. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 13 Mei 2025 di Ruang Kelas VII A dan B Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Program ini di bawah naungan Kepala Urusan HUMAS dan Perkaderan, dan ditindaklanjuti oleh Lembaga Pers Pelita Mu’allimaat. Pelatihan diikuti oleh perwakilan anggota dari Organtri di Madrasah Mu’allimaat, yaitu PR (Pimpinan Ranting) IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), Lembaga IPM MTs, LPPM (Lembaga Pers Pelita Mu’allimaat), WH (Hizbul Wathan), TS (Tapak Suci), PMR (Palang Merah Remaja), dan KIR (Karya Ilmiah Remaja).

Imastuti Tricahyani, M.A, Kepala Urusan HUMAS Madrasah Mu’allimaat menuturkan bahwa perkembangan zaman semakin cepat, terutama laju media sosial. Sebagai generasi muda harus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan yang ada.

“Media cepat sekali berkembang, sehingga penyesuaian juga harus cepat. Melihat bahwa setiap Organtri sudah memiliki Instagram atau media sosial, alangkah baiknya kita manfaatkan dengan baik untuk media branding”, jelas Imas pada acara pembukaan.

Imas juga berharap seluruh peserta atau masing-masing Organtri bisa langsung mempraktikkan di media sosialnya. “Jangan lupa berkolaborasi dengan Mu’allimaat”, imbuhnya.

Hal serupa turut disampaikan oleh Embun, Ketua Lembaga Pers Peltia Mu’allimaat. Melalui kegiatan ini ia berharap bisa menambah ilmu tentang media sosial dan membranding organisasi santri di Madrasah Mu’allimaat.

Copywriting adalah seni atau keahlian dalam menulis teks yang persuasif untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mengunjungi website. Tujuan utamanya adalah untuk mempengaruhi audiens dan memotivasi mereka untuk bertindak sesuai dengan tujuan pemasaran yang ingin dicapai. 

Menurut narasumber, Rizka Almira Amalia copywriting adalah teks yang berisi daya tarik, sehingga banyak orang yang ingin terlibat, baik melihat, membaca atau berkomentar. Rizka juga menambahkan bahwa antara visual dan tulisan harus saling berkesinambungan.

“Penting, karena tanpa copywriting, postingan hanya sekedar lewat. Copywriting itu teks yang baik bisa membuat orang tertarik, tau dan take action”, ulasnya.

Copywriting bisa juga digunakan untuk judul konten, bio instagram, teks dalam desain, instagram story dan highlight, teks video, landing page, caption storytelling dan bagian CTA. (LTA)

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2025