...

PELATIHAN PENINGKATAN DAN TES CEFR CAMBRIDGE KELAS INTERNASIONAL MASDRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Kelas Internasional Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan peningkatan dan tes CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) Cambridge untuk kelas I dan II Kelas Internasional. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 17-20 Desember 2023 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Program Peningkatan dan Tes CEFR Cambridge diselenggarakan untuk meningkatkan, mengukur dan menilai tingkat kemampuan berbahasa Inggris peserta didik berdasarkan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris berada dilevel B1 memberikan gambaran yang akurat tentang kemampuan berbahasa Inggris peserta didik sesuai dengan standar internasional di kelas International lower secondari I dan II. Selain itu juga untuk meningkatkan dan mengevaluasi kemampuan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik dalam empat aspek utama, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Hasil tes memberikan pemahaman yang mendalam tentang tingkat kemampuan mereka sesuai dengan tingkat CEFR, mulai dari A1 (pemula) hingga C2 (mahir).

Dwi Setyawan, M.Pd., sebagai Kepala Urusan Kelas Internasional Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berharap besar dengan berlangsungnya kegiatan ini. Menurutnya, hasil dari tes CEFR Cambridge dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik. Tindak lanjutnya melibatkan penyusunan rencana pembelajaran, pemberian umpan balik kepada peserta didik, dan mungkin memberikan dukungan tambahan bagi mereka yang memerlukannya.

“Harapan dari kegiatan ini adalah meingkatkan kemampuan bahasa Inggris yang komprehensif dan memberikan gambaran objektif tentang tingkat kemampuan berbahasa Inggris peserta didik, memungkinkan guru madrasah untuk merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu, serta memberikan dasar bagi pengembangan keterampilan berbahasa yang lebih lanjut. Yang kedua adalah peserta didik dengan sadar mengetahui strength and weakness masing-masing, sehingga pengembangan individu bisa terarah berdasarakan kelemahan dari setiap skill dan topik dari hasil report CEFR”, tegas Dwi Setyawan, M.Pd.

Peserta didik sangat antusias terhadap tes CEFR Cambridge. Adanya pemahaman bahwa hasil tes dapat memberikan manfaat dalam perbaikan keterampilan berbahasa Inggris mereka dapat meningkatkan tingkat antusiasme peserta didik terhadap kegiatan ini. (LTA)

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2025