...

RANCANG POLA PERKADERAN FORMAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH: MADRASAH MU’ALLIMAAT GELAR SEMINAR PRA MUKTAMAR MUHAMMADIYAH/ ‘AISYIYAH KE-48

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta bersama Madrasah Mu’allimin menyelenggarakan Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah yang ke-48. Seminar tersebut berlangsung pada hari Kamis, 10 November 2022, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional bertempat di Gedung B AR. Fachruddin UMY.

Seminar Pra Muktamar ke-48 ini mengusung tema ‘Perkaderan Formal di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah’. Peserta yang diundang adalah seluruh tenaga pendidik di Madrasah Mu’allimin-Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan Kepala Sekolah SD dan SMP Muhammadiyah di wilayah Kota Yogyakarta.

Tokoh-tokoh besar turut hadir memberikan materi dan pencerahan terkait pola perkaderan formal di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Tokoh tersebut adalah Prof. Dr. Munir Mulkhan; Dr. Siti Aisyah, M.Ag; Dr. Azaki Khoirudin, M.Pd.; Prof. Dr. Masyitoh Chusnan, M.Ag.; Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si.; dan Dr. H. Kasiyarno, M.Hum. Keenam tokoh tersebut dibagi menjadi dua sesi dengan tema berbeda. Sesi pertama mengangkat tema ‘Sistem Perkaderan di Persyarikatan yang Berkemajuan’ sedangkan sesi kedua adalah ‘Perkaderan di Sekolah Menengah Muhammadiyah’.

Unik Rasyidah, M.Pd., selaku Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta turut menjelaskan pentingnya seminar yang terselenggara dengan menuturkan tiga fungsi madrasah. Terdapat tiga fungsi madrasah, yaitu fungsi pendidikan, dakwah, dan perkaderan.

“Madrasah Muhammadiyah harus memiliki peran penting di dalam persyarikatan Muhammadiyah dengan mengamalkan tiga fungsi, yaitu pendidikan, yang dijadikan sebagai laboratorium pendidikan. Kedua adalah dakwah, madrasah benar-benar menjadi rahmatan lil alamin, dan fungsi perkaderan, yaitu bisa berperan aktif bagi kader-kader persyarikatan. Sebagai pelaku pendidikan, kita harus lebih bangga ketika anak didiknya melanjutkan di jenjang Muhammadiyah selanjutnya”, ulas isi sambutan beliau.

Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H. Aly Aulia, Lc., M.Hum. mengungkapkan bahwa tema seminar ini diambil dari keresahan-keresahan dari dua lembaga pendidikan yang berada di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, yakni perlunya sinergisitas dalam merancang perkaderan formal di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Instansi pendidikan Muhammadiyah dianggap penting dalam proses perkaderan di Muhammadiyah. Termasuk didalamnya ortom dan keluarga. Melalui seminar ini harapannya mempunyai arah baru tentang perkaderan formal. Selanjutnya bisa diterjemahkan dalam buku ajar dan aspek-aspek pembinaan kepada peserta didik, sehingga akan mampu mengemban amanahnya sebagai sekolah kader”, pungkas beliau. (LTA)

 

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2022