...

VISITASI LOMBA PERPUSTAKAAN PROF. SITI BAROROH BARIED MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TINGKAT DIY

Perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan visitasi lomba perpustakaan tingkat DIY mewakili sekolah tingkat SMA/SMK/MA di Kota Yogyakarta. Visitasi tersebut berlangsung pada hari Kamis, 2 Mei 2024 bertempat di lingkungan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan Perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried.

Tim Juri yang menilai lomba tersebut antara lain: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si, Drs. Aris Priyanto, M.Or., dan Abdul Wahid Aziz, S.i.Pust yang merupakan pengurus ATPUSI DIY. Acara diawali dengan kunjungan ke beberapa titik literasi di lingkungan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Gelitamu (Gerobak Literasi Mu’allimaat) yang dipasang di beberapa titik sebagai sumber belajar dan berliterasi peserta didik yang menyajikan berbagai judul buku. Acara inti dilaksanakan di dalam perpustakaan, terdiri dari acara pembukaan, presentasi, cek bukti fisik dokumen, dan diakhiri dengan penyampaian hasil verifikasi bukti fisik. Kelanjutan dari lomba ini adalah dilaksanakannya presentasi pada tanggal 7 Mei 2024 di gedung DPAD (Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah) DIY.

Elpin Eliana, M.Pd., selaku Wakil Direktur I Bidang Kurikulum memberikan pengantar. Dengan adanya lomba perpustakaan ini, menurut beliau akan lebih meningkatkan untuk melakukan berbagai inovasi, khususnya penyesuaian dengan perkembangan zaman.

“Perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sudah melakukan berbagai inovasi dan penyesuaian. Melalui perpus ini menyediakan fasilitas yang melek digital dan melek teknologi. Agar peserta didik tidak ketinggalan prestasi dan informasi terkait dengan perkembangan zaman. Berbagai prestasi telah diraih muali dari tingkat madrasah, kota, daerah, provinsi, nasional bahkan internasional. Semoga segala prestasi yang dimiliki madrasah akan memotivasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas diri”, ulas Elpin Eliana, M.Pd.

Apresiasi turut diberikan oleh tim juri yang hadir. Drs. Aris Priyanto, M.Or. membeikan sambutan dan ucapan terimakasih kepada Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

“DIY menjadi percontohan diantara provinsi lain di Indonesia dalam hal perpustakaan dan peningkatan literasi. Berharap kita menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Menjadi peserta adalah langkah menuju yang terbaik. Terimakasih untuk sambutan dan segala persiapan yang dilakukan oleh perpustakaan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta”, tegas beliau.

Tim Juri yang lain menambahkan bahwa pengembangan perpustakaan di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas perpustakaan saja, melainkan oleh seluruh komponen yang ada di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Perpustakaan dikatakan sudah berjalan dengan baik apabila penguatan fungsi perpustakaan sudah maksimal dan impelementasi perpustakaan bagi kegiatan siswi. Dengan demikian fungsi perpustakaan sudah berkolaborasi dengan baik. (LTA)

-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Develop by © ICT CENTER Madrasah Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Copyright © 2024