...
Brand Awareness: Kunci School Branding Madrasah Mu’allimaat

Saat ini sekolah-sekolah berlomba menghadirkan kualitas unggul untuk meningkatkan antusiasme masyarakat. Sehingga setiap lembaga pendidikan hendaknya memberikan nilai-nilai positif dan pada hal ini sangat penting hadirnya branding. Branding sekolah mulai diperhatikan untuk meningkatkan awareness di masyarakat. School Branding yaitu usaha yang digunakan oleh sekolah untuk menciptakan “image” sekolah di masyarakat yakni untuk menjadikan sekolah agar dikenal, diingat dan memiliki penilaian tersendiri.  

Sekolah perlu menciptakan karakteristik-karakteristik visual sehingga mudah diingat dan dapat dibedakan dari sekolah lain. Selain karakteristik visual, mutu hasil pembelajaran juga sangat penting dalam mencipatakan school branding. Mutu hasil pembelajaran adalah siswa dan lulusannya yang memiliki nilai/ value.

Madrasah Mu’allimaat merupakan sekolah perintis khusus perempuan yang dimiliki Persyarikatan Muhammadiyah. Sekolah ini mempunyai peran sentral dalam melahirkan kader paripurna agar bermakna sepanjang masa. Sehingga meningkatkan kesadaran seluruh civitas akademika untuk senantiasa menyebarkan dakwah kebaikan menjadi penting adanya.

Menurut Unik Rasyidah, M.Pd, Wakil Direktur III Madrasah Mu’allimaat, Mu’allimaat merupakan sekolah besar dan mempunyai tugas vital dalam melahirkan kader-kader persyarikatan, umat dan bangsa. Perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan harus selalu ditingkatkan.

“Kunci utamanya adalah saling merasa memiliki dan tinggi akan kesadaran untuk menyebarkan dakwah tentang Madrasah Mu’allimaat dimanapun, kepada siapapun dan kapanpun”, jelasnya pada acara Webinar School Branding.

Webinar School Branding telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 secara blended dengan peserta seluruh guru dan karyawan Madrasah Mu’allimaat, yakni melalui zoom meeting dan secara langsung di Aula Siti Baroroh Baried. Narasumber luar biasa yang merupakan Brand Communicator diundang secara langsung yakni Ali Audah, S.Pd., M.A. Tema dari agenda ini adalah Brand Awarness: Membangun Kesadaran Branding di Lingkungan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

School branding di Madrasah Mu’allimaat haruslah dikomunikasikan dengan serius, teratur dan berkesinambungan serta terus menerus. Usaha ini membutuhkan awareness/ kesadaran dari semua stakeholder Madrasah Mu’allimaat untuk mengkomunikasikan school brand secara masif. Dengan demikian visi yang hendak dicapai akan terasa mudah dan prestasi akan ditorehkan baik dari tingkat nasional hingga internasional.

Oleh karenanya pelatihan tersebut menjadi penting dilaksanakan untuk seluruh stakeholder Madrasah Mu’allimaat, denga tujuan: Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya school branding; Berperan aktif dalam school branding communication; Menumbuhkan kembali rasa memiliki madrasah yang tinggi; Menumbuhkan kembali rasa bangga terhadap madrasah; dan mengaktualisasikan personal branding dan school branding. (LTA)

Berita Terbaru Lainya
-- ---- --

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kontak Lengkap :

  • Imastuti Tricahyani, S.Pd., M.A. : 0823 2883 2011
  • Budi Waskitho, S.Pd.                 : 0821 3358 1616

Menu Navigasi :

Fasilitas :
Copyright © Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakata (2021)